Aurat Itu Apa: Ketahui Definisi dan Maknanya

Dina Yonada

Aurat Itu Apa: Ketahui Definisi dan Maknanya
Aurat Itu Apa: Ketahui Definisi dan Maknanya

Aurat, sebuah kata yang sering kita dengar, terutama di kalangan agama. Tapi, sebenarnya apa sih aurat itu? Apakah aurat hanya berkaitan dengan pakaian atau ada unsur lain yang menjadi bagian dari aurat? Melalui artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang aurat, definisinya, serta maknanya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Aurat?

Aurat adalah segala sesuatu yang harus ditutupi atau disembunyikan. Dalam konteks agama Islam, aurat merujuk pada bagian tubuh manusia yang harus ditutupi oleh pakaian yang sopan dan tidak menimbulkan hasrat seksual. Aurat ini berbeda pada pria dan wanita, dan dipengaruhi pula oleh lingkungan dan adat kebiasaan masyarakat.

Definisi Aurat

Aurat bagi wanita meliputi seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan pada pria, hanya bagian tubuh dari pusar hingga lutut yang harus ditutupi. Akan tetapi, terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai aurat ini, di mana ada yang mengatakan bahwa aurat pria adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan ada pula yang mengatakan aurat pria hanya sebatas pusar hingga lutut.

Selain aurat fisik seperti yang telah disebutkan di atas, ada pula aurat hati atau aurat batin yang berkaitan dengan akhlak dan perbuatan manusia. Aurat batin terdiri dari delapan jenis, yaitu:

  1. Aurat kehinaan, yaitu perbuatan atau hal-hal yang membuat seseorang terlihat buruk di hadapan orang lain.
  2. Aurat pelupa, yaitu ketika seseorang melupakan atau tidak bisa mengingat hal-hal yang seharusnya diketahui.
  3. Aurat gila, yaitu perbuatan atau sikap yang menyimpang dari norma dan dapat merugikan diri sendiri atau orang lain.
  4. Aurat takabur, yaitu sikap sombong dan merasa lebih dari orang lain.
  5. Aurat hasad, yaitu rasa iri dan dengki terhadap orang lain.
  6. Aurat riya, yaitu perbuatan atau niat yang bertujuan untuk mendapatkan pujian dari orang lain.
  7. Aurat sum’ah, yaitu suka memperlihatkan kekayaan atau keindahan yang dimilikinya.
  8. Aurat khianat, yaitu mengkhianati kepercayaan orang lain dan memperlihatkan sifat tercela.
BACA JUGA:   Kultum Singkat Tentang Menutup Aurat

Makna Aurat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Aurat merupakan simbol kesempurnaan dan kehormatan seorang manusia. Dalam konteks Islam, aurat menjadi sebuah kewajiban yang harus dipatuhi untuk menjaga tata krama dan menjaga kesopanan dalam pergaulan. Selain itu, aurat juga mengandung makna tentang kepercayaan diri dan integritas diri. Dengan menutup aurat, seseorang menunjukkan bahwa ia memiliki integritas yang kuat dan mampu menjaga dirinya dari godaan yang tidak baik.

Namun, makna aurat tidak dapat terbatas hanya pada aspek keagamaan saja. Aurat juga memiliki arti penting dalam menjaga martabat dan harkat manusia di hadapan sesama. Dalam lingkungan sosial, menjaga aurat berarti menjaga norma dan etika pergaulan, sehingga tercipta interaksi yang sehat dan saling menghargai.

Kesimpulan

Aurat merupakan segala sesuatu yang harus ditutupi atau disembunyikan. Dalam konteks keagamaan, aurat merujuk pada bagian tubuh manusia yang harus ditutupi oleh pakaian yang sopan dan tidak menimbulkan hasrat seksual. Selain itu, aurat juga memiliki makna tentang kepercayaan diri dan integritas diri serta memiliki arti penting dalam menjaga martabat dan harkat manusia di hadapan sesama. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang aurat. Terima kasih!

Also Read

Bagikan: