Hadist Tentang Menyakiti Hati Orang Lain

Huda Nuri

Hati orang lain merupakan hal yang sangat sensitif, sehingga untuk menghindari konflik dan permasalahan yang lebih besar, kita harus menghindari tindakan-tindakan yang dapat menyakiti hati orang lain. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai agama, yang mana salah satunya adalah menyayangi sesama manusia.

Berikut ini beberapa hadist tentang menyakiti hati orang lain:

1. Hadist Bukhari dan Muslim

"Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak dibenarkan seorang muslim mengabaikan saudaranya dalam waktu tiga hari, setelah bertemu dengan yang terakhir, dan yang lebih baik daripada itu adalah bertemu dengannya dalam kondisi saling memaafkan, maka jika dia meminta maaf maka beri dia maaf.”"

Hadist ini mengajarkan bahwa kita harus memuliakan saudara seiman kita, dengan tidak mengabaikannya atau menjauhinya dalam waktu yang lama. Kita harus bersikap baik terhadap saudara seiman kita dan jika ada konflik, kita harus saling memaafkan.

2. Hadist Tirmidzi

"“Seorang muslim, sesama muslimnya adalah haram atas dirinya: darahnya, harta dan kehormatannya.”"

Hadist ini mengajarkan bahwa kita harus menjaga kehormatan dan martabat sesama muslim, sehingga tindakan yang bisa menjatuhkan martabat dan kehormatan seseorang harus dihindari.

3. Hadist Ahmad

"Dari Abdullah bin Amru bin Ash, ia berkata: “Sesungguhnya seorang muslim adalah bersaudara bagi muslim yang lain, maka tidak sah kecuali jika dia memaafkan kesalahannya.”"

Hadist ini mengajarkan bahwa kita sebagai muslim harus saling memaafkan kesalahan, dan berusaha untuk tidak menyakiti hati saudara seiman kita.

4. Hadist Abu Daud

"“Tidaklah seseorang itu muslim sampai ia menyayangi bagi orang lain apa yang ia sukai untuk dirinya sendiri.”"

BACA JUGA:   Biaya Rumah Sakit Haji Surabaya

Hadist ini memperkuat nilai-nilai persaudaraan dalam Islam, di mana kita harus memperlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan. Kita harus saling mencintai dan menjaga hati orang lain sebagai mana kita menjaga hati kita sendiri.

Dalam Islam, tidak menyakiti hati orang lain merupakan hal yang sangat penting. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang, yang harus terus dijaga dan diperkuat dalam kehidupan sehari-hari sebagai muslim. Semoga hadist tentang menyakiti hati orang lain ini dapat membantu kita untuk selalu menjalankan nilai-nilai tersebut dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Also Read

Bagikan: