Hadits Membuka Aurat: Panduan Hidup Islami

Dina Yonada

Hadits Membuka Aurat: Panduan Hidup Islami
Hadits Membuka Aurat: Panduan Hidup Islami

Sastra Islam memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim. Di dalamnya terdapat panduan bermanfaat untuk mengatur gaya hidup Islami, seperti dalam hal berpakaian. Salah satu contohnya adalah hadits membuka aurat, yang menjelaskan tentang ketentuan berpakaian sopan bagi wanita dan pria Muslim.

Apa itu Hadits Membuka Aurat?

Hadits membuka aurat adalah kumpulan hadits yang menjelaskan tentang ketentuan berpakaian Islami bagi wanita dan pria Muslim. Aurat sendiri merupakan bagian tubuh yang seharusnya ditutupi oleh pakaian, baik yang berada di depan maupun di belakang. Penting untuk mengingat bahwa berpakaian sopan adalah salah satu cara terbaik untuk memperlihatkan penghormatan dan rasa hormat terhadap agama, diri sendiri, dan sesama.

Beberapa hadits yang berkaitan dengan aurat antara lain:

  • "Aku menyampaikan bahwa suatu saat ketika Rasulullah saw bertemu dengan ‘Umar dalam keadaan ia sedang memakai pakaian ketat, Rasulullah saw bersabda kepadanya, ‘Umar, apakah engkau merasa tidak tertutup aurat?’ (HR. Bukhari dan Muslim)
  • "Wanita-wanita yang sesat tidak menutupi kepalanya di dalam shalat, mereka melenturkan badan mereka di dalam shalat hingga tidak berbentuk, maka celakalah wanita-wanita yang melakukannya, celakalah." (HR. Abu Daud)
  • "Perempuan itu adalah aurat, oleh karena itu jika dia keluar dari rumah maka setan akan memandangnya dan apabila dia membuka wajahnya maka tak peduli wanita yang bagaimana ia. (HR. Tirmidzi)

Ketentuan Berpakaian Islami untuk Wanita

Ketentuan berpakaian Islami bagi wanita bisa ditemukan dalam surat an-Nur ayat 31. Ayat tersebut menyatakan bahwa wanita Muslim seharusnya menutupi seluruh tubuhnya kecuali bagian wajah dan telapak tangan. Wanita Muslim juga sebaiknya menghindari pakaian yang terlalu ketat atau terlalu transparan. Sebaliknya, mulailah memilih busana yang longgar, mudah diatur, dan nyaman dikenakan untuk shalat dan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:   Dosa Aurat Rambut Wanita

Beberapa pilihan busana Islami yang dapat dipilih antara lain:

  • Jilbab
  • Khimar
  • Hijab
  • Veil

Ketentuan Berpakaian Islami untuk Pria

Pria Muslim juga mempunyai ketentuan yang harus diikuti ketika berpakaian. Dalam hadits membuka aurat, Rasulullah saw menyatakan bahwa pria Muslim seharusnya menutupi tubuhnya kecuali kepala, lengan, dan kaki. Ketentuan ini berlaku di mana pun dan kapan pun, baik di dalam rumah, tempat kerja, atau di mana pun.

Beberapa pilihan pakaian Islami yang dapat dipilih antara lain:

  • Sarung
  • Koko
  • Baju koko
  • Baju kemben

Menjaga Kesopanan dalam Berpakaian

Selain memperhatikan ketentuan berpakaian Islami, penting juga untuk menjaga kesopanan dalam berpakaian. Sebagai seorang Muslim, kita juga harus memperhatikan tata cara berpakai sesuai dengan adab Islam. Beberapa tips untuk menjaga kesopanan berpakaian antara lain:

  • Pakailah pakaian yang sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan situasi
  • Hindarilah pakaian yang terlalu ketat atau terlalu transparan
  • Pilihlah pakaian yang nyaman dan mudah diatur
  • Jangan meniru gaya berpakaian yang bertentangan dengan adab Islam

Kesimpulan

Berbusana Islami adalah bagian penting dalam gaya hidup Islami sehari-hari. Ada banyak hadits membuka aurat yang menjelaskan tentang ketentuan berpakaian Islami bagi wanita dan pria Muslim. Untuk menjaga kesopanan dalam berpakaian, kita harus memperhatikan ketentuan berpakaian Islami dan memilih pakaian yang sesuai dengan adab Islam. Mari kita menjadikan berpakaian Islami sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari kita, sehingga kita dapat menjadi seorang Muslim yang terhormat dan dihormati oleh sesama.

Also Read

Bagikan: