Hukum Bayar Zakat Fitrah Online: Panduan Lengkap

Dina Yonada

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang muslim pada bulan Ramadan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang kurang mampu. Pada masa modern ini, zakat fitrah bisa dibayarkan secara online. Namun, apakah sah dengan syariah islam? Mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang muslim pada bulan Ramadan. Zakat fitrah sendiri memiliki pengertian sebagai upaya untuk membantu sesama yang kurang mampu dan mendukung persatuan umat dalam mempererat silaturahmi. Zakat fitrah dipungut pada bulan Ramadan sebelum sholat Idul Fitri dilaksanakan.

Syarat Bayar Zakat Fitrah Online

Syarat-syarat dalam pembayaran zakat fitrah online ini adalah:

  1. Wajib dibayarkan pada bulan Ramadan
  2. Diselesaikan sebelum hari raya Idul Fitri dimulai
  3. Besaran zakat disesuaikan dengan yang berlaku di negeri yang bersangkutan
  4. Penerima zakat fitrah adalah orang yang kurang mampu atau kaum dhu’afa (orang yang tidak mampu)

Metode Pembayaran Zakat Fitrah Secara Online

Pembayaran zakat fitrah secara online saat ini telah mendapatkan dukungan dari sistem yang terdapat di situs web resmi badan amil zakat. Proses pembayaran zakat fitrah online terbilang mudah, anda harus menyiapkan nomor rekening bank bahkan juga bisa dengan menggunakan platform e-wallet seperti GoPay atau Ovo.

Jika anda ingin bayar zakat fitrah online, anda harus mengetahui dahulu besaran yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Setelah itu, silakan kunjungi situs website resmi Badan Amil Zakat Nasional (BNI Amil Zakat, LAZISNU, dan lain-lain), kemudian pilih jenis zakat yang akan dibayarkan, yakni zakat fitrah. Selanjutnya, masukkan besaran sesuai dengan standar yang berlaku di daerah anda.

BACA JUGA:   Bolehkah Zakat Fitrah Diberikan kepada Nenek Kandung?

Setelah itu, anda dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan seperti kartu kredit atau transfer melalui internet banking. Adapun syarat untuk membayar zakat fitrah secara online adalah anda harus memiliki rekening bank pribadi dan sesuai dengan bank yang telah bekerjasama untuk menerima pembayaran via online.

Keuntungan dan Risiko Bayar Zakat Fitrah Online

Keuntungan untuk pembayaran zakat fitrah secara online ini adalah dapat memudahkan umat muslim yang sibuk dan tidak memiliki waktu mengurus zakat fitrah secara manual. Dengan adanya layanan bayar zakat fitrah secara online, anda dapat membayar zakat lebih praktis tanpa harus antri di tempat pembayaran.

Namun, terdapat juga risiko dalam pembayaran zakat fitrah online. Terdapat risiko penipuan atau pemalsuan situs web sehingga sebaiknya pastikan anda membayar zakat fitrah disitus yang resmi dan terpercaya.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pembayaran zakat fitrah secara online merupakan hal yang sah secara syariah islam jika dilakukan melalui web resmi dan terpercaya. Ini dapat memudahkan umat muslim dalam melaksanakan kewajiban ini, terlebih saat kondisi pandemi yang membatasi aktivitas luar rumah. Mari kita jaga keimanan dan ketaqwaan kita dalam membayar zakat fitrah.

Also Read

Bagikan: