Hukum Laki-Laki Memakai Perhiasan

Dina Yonada

Hukum Laki-Laki Memakai Perhiasan
Hukum Laki-Laki Memakai Perhiasan

Apakah Anda pernah melihat laki-laki memakai perhiasan seperti cincin atau kalung? Apa pendapat Anda tentang hal itu? Apakah mengenakan perhiasan hanya untuk wanita? Sebenarnya, hukum mengenai laki-laki memakai perhiasan sangat beragam di seluruh dunia, dan dapat berbeda-beda tergantung pada budaya dan agama.

Perhiasan pada Laki-Laki dalam Agama Islam

Bagi laki-laki Muslim, memakai perhiasan tidak dilarang selama perhiasan tersebut tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Beberapa perhiasan yang lazim digunakan oleh laki-laki Muslim, seperti cincin atau kalung berisi ayat-ayat suci Al-Qur’an, memang disarankan dalam Islam karena dapat membawa keberkahan dan perlindungan.

Sementara itu, ada juga pandangan bahwa laki-laki tidak boleh menggunakan perhiasan yang berlebihan atau mewah karena dapat menyingkirkan nilai-nilai kesederhanaan dalam ajaran Islam. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan kaum Muslim.

Budaya Barat dan Laki-Laki Memakai Perhiasan

Di budaya Barat, memakai perhiasan seperti kalung atau gelang tidaklah tabu bagi laki-laki. Bahkan, perhiasan pada pria kini semakin populer dan dianggap sebagai bagian dari fashion. Meskipun demikian, laki-laki tetap tidak dianggap se-muda-mudi wanita yang menggunakan perhiasan.

Hanya saja, pada beberapa acara formal atau seremonial, kebanyakan laki-laki memilih untuk menggunakan cincin atau kalung yang mungkin mirip dengan perhiasan yang digunakan oleh wanita.

Apa Yang Perlu Dipertimbangkan saat Laki-Laki Memakai Perhiasan?

Tentu saja, ketika seorang laki-laki memutuskan untuk mengenakan perhiasan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, apakah perhiasan tersebut cocok dengan pakaian yang akan dipakai? Kedua, apakah perhiasan tersebut memenuhi kesopanan dan etika tempat kerja atau situasi formal lainnya? Terakhir, apakah perhiasan tersebut tidak memberikan efek yang bertentangan dengan status sosial?

BACA JUGA:   Cara Melunasi Hutang Menurut Islam

Ketika pilihan perhiasan telah diketahui, penting juga untuk memilih vendor perhiasan yang tepat. Ada banyak vendor perhiasan berkualitas tinggi di Indonesia, dari vendor perhiasan internasional yang terkenal hingga perhiasan lokal yang mampu menawarkan karya-karya unik yang berkualitas tinggi.

Kesimpulan

Intinya, memakai perhiasan bagi laki-laki tidak melanggar aturan seperti yang banyak orang kira, namun tetap ada pandangan yang berbeda tergantung pada budaya dan agama. Bagi laki-laki yang ingin memakai perhiasan, penting untuk memilih perhiasan yang cocok dengan situasi dan etika, serta menghindari perhiasan yang berlebihan atau tidak tepat dengan status sosial. Selain itu, memilih vendor perhiasan yang tepat juga penting untuk mencapai hasil akhir yang memuaskan.

Also Read

Bagikan: