Hukum Memakai Perhiasan dalam Islam bagi Laki-Laki

Huda Nuri

Hukum Memakai Perhiasan dalam Islam bagi Laki-Laki
Hukum Memakai Perhiasan dalam Islam bagi Laki-Laki

Pada zaman modern seperti sekarang, banyak laki-laki yang memakai perhiasan sebagai fashion statement, termasuk di Indonesia. Namun, perhiasan tidak selalu memiliki arti yang sama untuk setiap orang dan setiap agama. Bagi umat Islam, perhiasan memiliki arti yang sangat penting secara simbolis dan spiritual. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk memakai perhiasan sebagai laki-laki Muslim, Anda harus memperhatikan aturan dan hukum yang ada dalam Islam terlebih dulu.

Alasan Hukum Memakai Perhiasan dalam Islam

Dalam Islam, memakai perhiasan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memperlihatkan keindahan diri. Hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi: "Allah itu indah, dan mencintai keindahan" (HR. Muslim). Selain itu, memakai perhiasan juga dapat menunjukkan status sosial seseorang, seperti pemimpin dan pengusaha, sehingga dapat menambah rasa percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Batasan-batasan dalam Memakai Perhiasan bagi Laki-Laki

Meskipun hukum memakai perhiasan diperbolehkan dalam Islam, terdapat beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh laki-laki Muslim dalam memakai perhiasan. Pertama, laki-laki tidak boleh memakai perhiasan yang terbuat dari emas, karena termasuk dalam kategori harta yang haram untuk dimiliki oleh laki-laki Muslim. Selain itu, pemakian perhiasan berbentuk anting-anting dan kalung sangat tidak dianjurkan dalam Islam, karena menyimpang dari adat dan laku zaman Rasulullah.

Namun, ada beberapa perhiasan yang diperbolehkan untuk dipakai oleh laki-laki Muslim, seperti cincin kawin, kalung yang bersifat religius, arloji, ikat pinggang dan gelang, atau perhiasan lainnya yang memiliki nilai seni, keindahan, atau historis yang tinggi. Laki-laki juga dianjurkan untuk memilih perhiasan yang sederhana dan tidak berlebihan, serta tidak memakai perhiasan yang berlebihan atau menarik perhatian terlalu banyak.

BACA JUGA:   Cara Melunasi Hutang dengan Cepat dan Halal

Kesimpulan

Pada intinya, hukum memakai perhiasan dalam Islam bagi laki-laki merupakan sebuah pilihan. Namun, sebelum memutuskan untuk memakai perhiasan, perlu untuk memperhatikan aturan-aturan dan batas-batasnya dalam agama Islam. Selain itu, perlu diingat bahwa memakai perhiasan yang sederhana dan sopan dapat memberikan manfaat yang positif, seperti meningkatkan kepercayaan diri dan menambah nilai spiritis dalam hidup seorang Muslim.

Aturan-aturan dalam Islam sebenarnya sangat mudah dipelajari dan dilaksanakan. Dalam berbagai hadits (pengajaran dari Nabi Muhammad), Rasulullah mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat, serta untuk melibatkan diri dalam aktivitas yang positif. Oleh karena itu, selain memperhatikan aturan hukum memakai perhiasan dalam Islam bagi laki-laki, kita juga perlu belajar bagaimana meningkatkan kualitas hidup kita sebagai seorang Muslim.

Demikianlah artikel mengenai hukum memakai perhiasan dalam Islam bagi laki-laki. Semoga artikel ini dapat membantu membuka pandangan mengenai pentingnya perhiasan dalam sejarah umat Islam. Mari kita selalu berusaha untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kualitas hidup sebagai seorang Muslim yang terus belajar.

Also Read

Bagikan: