Hukum Memakai Perhiasan Emas Berlebihan: Apakah Halal atau Haram?

Huda Nuri

Hukum Memakai Perhiasan Emas Berlebihan: Apakah Halal atau Haram?
Hukum Memakai Perhiasan Emas Berlebihan: Apakah Halal atau Haram?

Memakai perhiasan emas telah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Bagi sebagian orang, memakai perhiasan emas bisa menjadi sebuah simbol status sosial dan kekayaan. Namun, pertanyaannya adalah, apakah memakai perhiasan emas berlebihan halal atau haram?

Hukum Memakai Perhiasan Emas Menurut Islam

Dalam agama Islam, memakai perhiasan emas bagi laki-laki dilarang hukumnya, sedangkan bagi perempuan diperbolehkan selama tidak berlebihan. Hukum ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang berbunyi,

"Emas dan sutra haram bagi laki-laki dari umatku dan boleh bagi perempuan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits di atas, terdapat larangan bagi laki-laki untuk memakai perhiasan emas. Sedangkan untuk perempuan, diperbolehkan namun tidak berlebihan. Oleh karena itu, jika seorang perempuan memakai perhiasan emas sebanyak 2-3 gram, maka masih dianggap halal.

Namun, jika seorang perempuan memakai perhiasan emas dalam jumlah yang berlebihan dan mencolok seperti kurang lebih 10 gram, maka perbuatan itu sudah dianggap haram. Karena pada dasarnya, Islam mengajarkan untuk selalu menjaga keseimbangan dan tidak berlebihan dalam segala hal.

Aspek Kesehatan dan Keamanan

Selain dari aspek agama, memakai perhiasan emas berlebihan juga dapat berdampak pada aspek kesehatan dan keamanan tubuh. Apabila seseorang terlalu lama memakai perhiasan emas, dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Hal ini cukup sering terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif dan telah memakai perhiasan emas dalam waktu yang lama.

Selain itu, jika memakai perhiasan emas yang berlebihan saat sedang berkendara atau beraktivitas, dapat menimbulkan resiko keamanan karena perhiasan tersebut bisa terjerat dan menimbulkan kecelakaan.

BACA JUGA:   Cara Memotong Kuku dalam Islam

Kesimpulan

Dalam Islam, memakai perhiasan emas diperbolehkan namun dengan syarat tidak berlebihan dan mencolok. Tetapi, jika kita mengambil kesehatan dan keamanan sebagai pertimbangan, sebaiknya kita memakai perhiasan emas dalam jumlah yang wajar dan aman.

Kita harus selalu menjaga keseimbangan dalam segala hal, termasuk dalam memakai perhiasan emas. Selain itu, kita juga harus mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam agama Islam untuk menjaga keberkahan dan keberlanjutan hidup kita sebagai umat muslim.

Mari kita jaga keseimbangan dan terus berusaha dalam mengejar kekayaan yang halal dan diridhai oleh Allah SWT.

Also Read

Bagikan: