Kapan Sebaiknya Acara 4 Bulanan Dilaksanakan Menurut Islam

Dina Yonada

Kapan Sebaiknya Acara 4 Bulanan Dilaksanakan Menurut Islam
Kapan Sebaiknya Acara 4 Bulanan Dilaksanakan Menurut Islam

Acara kehamilan merupakan momen yang sangat bahagia bagi setiap pasangan suami istri. Adanya janin dalam kandungan tentunya menjadi berita gembira dan menjadi harapan besar bagi keluarga. Di dalam Islam, acara kehamilan memiliki urutan dan waktu yang harus diikuti agar terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan. Salah satu acara yang ada dalam Islam adalah acara 4 bulanan.

Apa itu Acara 4 Bulanan?

Acara 4 bulanan adalah salah satu rangkaian acara dalam Islam yang dilakukan pada saat usia kandungan sudah memasuki 4 bulan. Pada saat ini, janin sudah memasuki usia kehidupan yang mampu dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT.

Di dalam acara 4 bulanan ini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan, seperti pembacaan Surah Yasin dan doa bersama untuk calon ibu dan janin yang sedang dikandungnya. Selain itu, juga dilakukan penentuan jenis kelamin janin dengan menggunakan metode Ramzi atau metode mistik.

Kapan Sebaiknya Acara 4 Bulanan Dilaksanakan?

Setelah mengetahui apa itu acara 4 bulanan, maka selanjutnya adalah mengetahui kapan sebaiknya acara ini dilaksanakan. Untuk itu, sebaiknya acara 4 bulanan dilakukan pada saat usia kandungan sudah memasuki 4 bulan atau tepatnya pada usia kehamilan 17-20 minggu.

Pada usia kehamilan tersebut, janin yang ada dalam kandungan sudah mulai berkembang dengan baik dan terdapat organ-organ penting seperti jantung, ginjal, paru-paru, dan lain sebagainya yang sudah berfungsi dengan normal. Selain itu, risiko terjadinya keguguran pada usia tersebut juga sudah semakin kecil.

Langkah-Langkah dalam Pelaksanaan Acara 4 Bulanan

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakan acara 4 bulanan, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam melaksanakan acara tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pengumuman Keluarga
BACA JUGA:   Cara Menghadapi Ibu Tiri yang Licik

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pengumuman keluarga. Calon ibu atau keluarga dapat mengumumkan melalui telepon atau media sosial agar keluarga dan kerabat dapat datang dan memberikan doa serta dukungan untuk ibu dan janin yang dikandungnya.

  1. Menyiapkan Tempat

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tempat pelaksanaan acara. Sebaiknya acara 4 bulanan dilaksanakan di rumah atau di tempat yang mudah dijangkau oleh keluarga dan kerabat. Perlu juga menyiapkan makanan dan minuman untuk disajikan kepada para tamu.

  1. Melakukan Pembacaan Surah Yasin dan Doa Bersama

Setelah tamu telah datang dan acara dimulai, selanjutnya adalah melakukan pembacaan Surah Yasin dan doa bersama-sama untuk calon ibu dan janin yang dikandungnya. Dalam doa tersebut, keluarga akan memohon perlindungan dan kebahagiaan untuk janin yang sedang berkembang.

  1. Menentukan Jenis Kelamin Janin dengan Metode Ramzi

Metode Ramzi adalah salah satu cara untuk menentukan jenis kelamin janin. Cara ini dilakukan dengan mengukur letak janin pada usg dan melihat warna bayangan yang tertampil. Warna bayangan yang miring ke kiri menunjukkan bahwa janin adalah bayi perempuan, sedangkan warna bayangan yang miring ke kanan menunjukkan bahwa janin adalah bayi laki-laki.

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai kapan sebaiknya acara 4 bulanan dilaksanakan menurut Islam. Sebaiknya acara ini dilaksanakan pada saat usia kehamilan 17-20 minggu. Adapun langkah-langkah dalam melaksanakan acara tersebut yaitu pengumuman keluarga, menyiapkan tempat, melakukan pembacaan Surah Yasin dan doa bersama-sama, serta menentukan jenis kelamin janin dengan metode Ramzi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon ibu dan keluarga. Selamat menjalani kehamilan yang sehat dan bahagia!

Also Read

Bagikan: