Mengenal Arti Status Belum Menikah dan Lajang dari Perspektif Budaya dan Sosial di Indonesia

Dina Yonada

Mengenal Arti Status Belum Menikah dan Lajang dari Perspektif Budaya dan Sosial di Indonesia
Mengenal Arti Status Belum Menikah dan Lajang dari Perspektif Budaya dan Sosial di Indonesia

Status Belum Menikah Disebut?

Perkenalan

Halo sahabat pembaca! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang status belum menikah atau popular disebut dengan istilah “lajang”. Mungkin beberapa dari kamu pernah bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang disebut status belum menikah atau lajang itu?

Pengertian Status Belum Menikah atau Lajang

Status belum menikah adalah kondisi seseorang yang belum menjalani ikatan pernikahan dengan pasangan hidupnya. Istilah lain untuk status ini adalah “lajang”. Status lajang ini sering digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengidentifikasi seseorang yang belum menikah.

Menurut hukum perkawinan di Indonesia, status lajang adalah salah satu dari lima status pernikahan yang sah, selain menikah, cerai hidup, cerai mati, dan terpisah. Namun, pada kenyataannya, status lajang sering kali dibuat menjadi masalah oleh masyarakat yang menganggap bahwa memiliki status lajang adalah hal yang buruk.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Status Belum Menikah

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang memiliki status lajang. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • Usia – Beberapa orang memilih untuk menunda pernikahan hingga usia yang lebih matang.
  • Karier – Pada era modern seperti sekarang, karier dapat menjadi prioritas yang lebih utama bagi seseorang daripada pernikahan.
  • Keterbatasan Waktu – Ada beberapa orang yang sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk memikirkan pernikahan.
  • Persyaratan Finansial – Pernikahan secara tradisional memerlukan biaya yang besar, sehingga beberapa orang mungkin menunda pernikahan hingga mereka memenuhi persyaratan finansial yang cukup.
BACA JUGA:   Memahami Hukum Nikah Besan dengan Besan Menurut Perspektif Islam

Pandangan Masyarakat Tentang Status Belum Menikah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masyarakat Indonesia masih memandang status belum menikah atau lajang sebagai hal yang kurang baik. Beberapa pandangan negatif yang sering ditujukan untuk orang yang masih lajang antara lain dianggap tidak sukses, susah atau sulit berumahtangga, kurang memikirkan masa depan, dan sebagainya.

Padahal sebenarnya, memiliki status lajang tidaklah selalu negatif. Banyak orang yang sukses dalam karier dan hidup yang bahagia meski belum menikah. Memiliki status lajang juga memberi kebebasan untuk mandiri dan berkembang sesuai apa yang diinginkan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa status belum menikah atau lajang adalah kondisi seseorang yang belum menjalani ikatan pernikahan dengan pasangannya. Meski status ini sudah sah menurut hukum perkawinan di Indonesia, namun masih banyak masyarakat yang memandang negatif terhadap orang yang masih lajang. Padahal sebenarnya, memiliki status lajang tidaklah selalu negatif. Oleh karena itu, kita harus menghormati pilihan dan keputusan seseorang dalam menjalani hidupnya.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat untuk kamu semua.

Also Read

Bagikan:

Tags