Mengenal Keuntungan Nikah Siri: Menjauhkan Diri dari Fitnah dan Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Pasangan yang Menikah secara Sederhana

Dina Yonada

Mengenal Keuntungan Nikah Siri: Menjauhkan Diri dari Fitnah dan Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Pasangan yang Menikah secara Sederhana
Mengenal Keuntungan Nikah Siri: Menjauhkan Diri dari Fitnah dan Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Pasangan yang Menikah secara Sederhana

Apa Keuntungan dari Nikah Siri?

Jika anda membaca artikel ini, kemungkinan anda sedang mempertimbangkan untuk menikah siri. Atau mungkin anda hanya ingin tahu lebih lanjut tentang praktik pernikahan ini. Apapun alasannya, kita akan membahas beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari nikah siri.

1. Menghindari Fitnah Orang Lain

Salah satu keuntungan utama dari nikah siri adalah menghindari fitnah dan bisikan orang sekitar. Kita tahu bahwa kadang-kadang kehidupan rumah tangga seseorang bisa menjadi sasaran gosip dan omongan orang lain. Dengan menikah siri, pasangan bisa menghindari situasi ini.

2. Menjaga Privasi Keluarga

Nikah siri juga bisa membantu menjaga privasi keluarga. Dalam beberapa kasus, mungkin ada alasan yang menyebabkan pasangan tidak ingin mengumumkan pernikahan mereka secara terbuka. Dalam situasi seperti itu, nikah siri bisa menjadi solusi yang baik.

3. Kesepakatan Bersama

Nikah siri hanya dapat dilakukan jika pasangan telah mencapai kesepakatan dan persetujuan bersama. Artinya, tidak ada unsur paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Ini bisa membuat hubungan pernikahan yang lebih sehat dan bahagia.

4. Biaya Pernikahan yang Lebih Murah

Pernikahan konvensional membutuhkan biaya yang cukup besar. Dalam kebanyakan kasus, pasangan harus membayar biaya untuk lokasi acara, dekorasi, dan makanan. Dengan menikah siri, pasangan bisa menghemat biaya dan mengalokasikan uang mereka untuk keperluan lainnya.

5. Fleksibilitas dalam Penetapan Jadwal

Dalam pernikahan konvensional, biasanya ada banyak persiapan dan hal-hal yang harus diselesaikan sebelum acara. Pasangan harus menentukan tanggal dan tempat, serta mengundang tamu. Dalam nikah siri, pasangan bisa lebih fleksibel dalam menetapkan jadwal pernikahan mereka. Mereka bisa menikah kapan saja dan di mana saja tanpa harus merasa terbebani dengan persiapan yang banyak.

BACA JUGA:   Mempersiapkan Keuangan untuk Menikah: Cara Menabung Bersama Pasangan dengan Efektif

6. Kebebasan dalam Menentukan Ritus Pernikahan

Dalam nikah siri, pasangan bisa lebih bebas dalam menentukan ritus pernikahan mereka. Mereka bisa memilih untuk melakukan pernikahan sederhana atau memilih ritus pernikahan yang mereka sukai tanpa terikat dengan tradisi atau kepercayaan tertentu.

7. Berkelanjutan Bahagia dengan Pasangan

Yang terakhir dan mungkin yang paling penting dari semua keuntungan nikah siri adalah pasangan bisa lebih berkembang secara pribadi dan emosional. Karena mereka telah mencapai kesepakatan bersama, mereka bisa lebih fokus pada kebahagiaan dalam pernikahan dan menjaganya. Ini bisa membantu membentuk hubungan pernikahan yang lebih kuat dan bahagia yang akan berlangsung selamanya.

Dalam rangka menghindari fitnah dan bisikan orang sekitar, nikah siri bisa sangat membantu untuk meminimalkan gosip buruk. Selain itu, nikah siri juga bisa menjadi solusi yang baik untuk menjaga privasi keluarga, menghemat biaya, dan memungkinkan pasangan menjadi lebih fleksibel dalam penetapan jadwal pernikahan dan menentukan ritus pernikahan mereka. Intinya adalah, nikah siri bisa memberi pasangan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan emosional dalam sebuah hubungan pernikahan yang bahagia dan berkelanjutan.

Dicatat, meskipun nikah siri memiliki keuntungan, Anda harus selalu mempertimbangkan secara matang, karena dalam beberapa kasus fitnah dan risiko hukum bisa terjadi jika tidak memiliki formalitas pernikahan yang sah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mempertimbangkan opsi nikah siri.

Also Read

Bagikan:

Tags