Menikah di Indonesia: Berapa Usia yang Tepat untuk Melangkah ke Pelaminan?

Dina Yonada

Menikah di Indonesia: Berapa Usia yang Tepat untuk Melangkah ke Pelaminan?
Menikah di Indonesia: Berapa Usia yang Tepat untuk Melangkah ke Pelaminan?

Berapa Usia yang Ideal untuk Menikah?

Mempertimbangkan peraturan di Indonesia, setiap pasangan yang ingin menikah harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Salah satu yang menjadi persyaratan penting dalam menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) adalah batas usia.

Memang, penting untuk mengetahui pelbagai hal tentang pernikahan sebelum memutuskan untuk membangun sebuah keluarga. Dalam artikel ini, kami akan membahas topik tentang usia yang ideal untuk menikah di Indonesia.

Persyaratan Menikah di Indonesia

Menurut Undang-Undang No. 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan di Indonesia, batas usia minimal untuk menikah adalah 19 tahun bagi pihak laki-laki maupun perempuan.

Namun, terdapat beberapa pengecualian dalam hal ini. Pengecualian ini dapat dilakukan jika ada surat dispensasi dari pengadilan agama, atau jika pasangan ingin menikah sebelum usia 19 tahun tetapi telah berada dalam kondisi hamil.

Usia yang Ideal untuk Menikah

Menentukan usia yang tepat untuk menikah bukanlah salah satu keputusan yang mudah. Terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti kematangan emosional, kesiapan finansial, kesiapan mental dan fisik, dll.

Namun, pada umumnya, banyak pakar dan konsultan pernikahan menyarankan agar pasangan menikah pada usia 25-30 tahun, mengingat pada usia tersebut, pasangan sudah mulai memiliki stabilitas finansial, karir, dan perencanaan hidup yang matang.

Keuntungan Menunda Pernikahan

Menunda pernikahan bukanlah suatu hal yang buruk, malah sebaliknya dapat memberikan banyak keuntungan bagi pasangan. Memperpanjang masa lajang bisa memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi diri, mengejar keinginan dan mimpi pribadi, dan membangun persahabatan yang kuat dengan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:   Poligami: Mengenal Tiga Bentuk Perkawinan yang Melibatkan Banyak Pasangan

Selain itu, pasangan yang menikah pada usia yang lebih matang cenderung memiliki tingkat stabilitas finansial yang lebih baik, dan dapat menyiapkan diri dengan lebih matang dalam menghadapi tantangan pernikahan.

Akhir Kata

Menikah adalah salah satu dari sekian banyak tahapan dalam hidup. Sebagai pasangan, persiapan sebelum menikah menjadi sangat penting, dan umur menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan.

Namun, keputusan untuk menikah itulah yang paling penting, dan harus dibuat secara matang dan bijak. Jadi, tidak mengetahui umur ideal menikah bukanlah masalah, tetapi pengalaman dan kedewasaan dalam mengambil keputusan yang menentukan kesuksesan pernikahan. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menentukan keputusan terbaik bagi pasangan yang ingin membangun sebuah keluarga.

Also Read

Bagikan:

Tags