Menikah di Usia Muda: Mengetahui Bahaya Berbahaya Child Marriage atau Early Marriage

Dina Yonada

Menikah di Usia Muda: Mengetahui Bahaya Berbahaya Child Marriage atau Early Marriage
Menikah di Usia Muda: Mengetahui Bahaya Berbahaya Child Marriage atau Early Marriage

Menikah di Usia Muda Disebut?

Dalam istilah internasional, pernikahan dini dikenal dengan child marriage atau early marriage. Maksudnya pernikahan yang terjadi pada anak di bawah umur 18 tahun. Pernikahan dini seringkali terjadi karena adanya faktor ekonomi, budaya dan tradisi, serta kebijakan seputar pernikahan di suatu daerah.

Masalah Pernikahan Dini

Pernikahan dini menjadi permasalahan serius di banyak negara di dunia termasuk Indonesia. Menikah di usia muda akan berdampak pada kesehatan Anda dan kemungkinan besar akan memengaruhi kehidupan Anda di masa depan.

Pernikahan dini tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga pada kesehatan mental. Pasangan yang menikah di usia muda biasanya belum matang secara mental dan emosional, sehingga lebih rentan terhadap stres dan depresi.

Dampak Pernikahan Dini pada Kehidupan Pribadi

Pernikahan dini juga memengaruhi kehidupan pribadi Anda terutama dalam masalah ekonomi dan pendidikan. Banyak pasangan yang menikah di usia muda mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan finansialnya karena keterbatasan penghasilan yang dimilikinya. Selain itu, pernikahan dini seringkali membuat pasangan menghentikan pendidikan mereka sehingga sulit meningkatkan kualifikasi dan keterampilan mereka.

Solusi terhadap Pernikahan Dini

Untuk mengatasi permasalahan pernikahan dini, dibutuhkan solusi yang tepat. Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran akan dampak buruk dari pernikahan dini, pemberian beasiswa untuk mendorong anak untuk menyelesaikan pendidikannya, dan akses mudah terhadap pelayanan kesehatan reproduksi adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan.

Peran keluarga juga sangat penting dalam mencegah pernikahan dini. Keluarga dapat memberikan pengertian kepada anak-anaknya mengenai dampak buruk dari pernikahan dini dan memberikan dukungan moral dan materiil bagi anak yang memilih menyelesaikan pendidikan terlebih dahulu.

BACA JUGA:   Nikah Hukumnya: Panduan Lengkap Untuk Menikah Secara Sah

Kesimpulan

Menikah di usia dini merupakan masalah serius yang memengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesehatan. Diperlukan peran pemerintah, keluarga, dan masyarakat untuk mencegah pernikahan dini dan memberikan dukungan untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun agar dapat menyelesaikan pendidikan mereka dan membangun masa depan yang lebih baik.

Also Read

Bagikan:

Tags