Menikah Tanpa Suntik TT: Kenali Risikonya Bagi Wanita dan Bayi

Dina Yonada

Menikah Tanpa Suntik TT: Kenali Risikonya Bagi Wanita dan Bayi
Menikah Tanpa Suntik TT: Kenali Risikonya Bagi Wanita dan Bayi

Menikah tanpa suntik TT? Adakah Risiko Jika Tidak Suntik Tetanus sebelum Menikah?

Apa itu suntik TT?

Suntik TT adalah vaksinasi yang diberikan untuk melindungi tubuh dari penyakit tetanus. Tetanus adalah infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi sistem saraf seseorang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang ditemukan pada tanah, debu, dan kotoran hewan.

Suntik TT adalah vaksinasi yang sangat disarankan dilakukan bagi calon pengantin yang akan menikah. Hal ini karena ada beberapa risiko yang dapat terjadi jika calon pengantin tidak suntik TT sebelum menikah.

Apa risiko jika tidak suntik TT sebelum menikah?

Satu-satunya risiko yang terjadi jika calon pengantin tidak suntik TT sebelum menikah adalah meningkatnya risiko tetanus pada sang wanita dan bayi yang dikandungnya kelak. Ketika seorang wanita hamil, risikonya lebih tinggi terkena tetanus. Hal ini karena pengaruh level hormon dan perubahan fisik selama kehamilan.

Jika ibu hamil terkena tetanus, risiko kematian pada bayi dan ibu sangat tinggi. Bayi yang terkena tetanus juga dapat mengalami kejang parah, yang dapat menyebabkan kerusakan otak permanen atau kematian jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi calon pengantin untuk melakukan suntik TT sebelum menikah untuk melindungi diri mereka dan masa depan keluarga mereka.

Bagaimana suntik TT dilakukan?

Suntik TT diberikan melalui suntikan intramuscular. Biasanya, pemilihan tempat suntik umumnya di antara otot lengan atas atau paha bawah. Dimana pun tempat suntik yang dipilih, penting untuk memastikan bahwa suntikannya diberikan secara steril dan aman.

BACA JUGA:   Mengupas Kontroversi: Apa Benar PNS Wanita Boleh Nikah Siri?

Apakah suntik TT memiliki efek samping?

Seperti kebanyakan vaksin, suntik TT dapat menimbulkan efek samping ringan seperti kemerahan, bengkak, dan rasa sakit pada area yang disuntik. Hal ini biasanya hilang dalam waktu beberapa hari.

Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi yang lebih serius seperti demam, sakit kepala, dan masalah kulit. Jika seseorang mengalami reaksi yang mengkhawatirkan dan mengancam nyawa, harus segera diberikan perawatan medis.

Hasil Akhir

Dalam kesimpulannya, suntik TT sangat disarankan bagi calon pengantin sebelum menikah, karena dapat membantu melindungi mereka dan masa depan keluarga mereka dari risiko tetanus. Meskipun suntik TT mungkin menimbulkan efek samping ringan, manfaatnya jauh lebih besar daripada risiko yang mungkin terjadi jika para pengantin tidak disuntik TT. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan suntik TT dan lindungi diri Anda dan keluarga Anda dari risiko penyakit tetanus.

Also Read

Bagikan:

Tags