Mitos Terbantahkan: Menikah Tidak Bisa Menghapuskan Dosa Zina

Dina Yonada

Mitos Terbantahkan: Menikah Tidak Bisa Menghapuskan Dosa Zina
Mitos Terbantahkan: Menikah Tidak Bisa Menghapuskan Dosa Zina

Apakah Dosa Zina Bisa Terhapus Setelah Menikah?

Jika Anda seorang muslim, Anda pasti tahu bahwa zina merupakan salah satu dosa besar yang diharamkan oleh Allah SWT. Dalam Surat Al-Isra ayat 32, Allah mengatakan bahwa perbuatan zina adalah diantara perbuatan yang sangat mungkar. Hal ini karena zina bukan hanya merusak moral individu, tetapi juga berdampak negatif pada kehidupan sosial dan hubungan antara sesama umat manusia.

Namun, bagaimana jika seseorang yang pernah melakukan zina ingin memperbaiki kehidupannya dan bertobat? Sebagian orang percaya bahwa dosa zina bisa terhapus setelah menikah. Tetapi, apakah benar seperti itu?

Menurut Ustadz Syafiq Riza Basalamah, menikahkan dua orang yang pernah berzina sebelum menikah tidaklah cukup untuk memperbaiki kesalahan mereka di masa lalu. Meskipun pernikahan merupakan suatu yang suci dan mulia dalam Islam, itu tidak bisa menjadi jalan untuk menghapuskan dosa zina.

Lalu, bagaimana cara menghapus dosa zina?

Ustadz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan bahwa satu-satunya cara untuk menghapus dosa zina adalah dengan bertobat sepenuh hati dan meminta ampun kepada Allah SWT. Hal ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis berikut:

“Seseorang yang menyesali perbuatan zina di masa lalunya dan bertobat kepada Allah SWT akan seolah-olah ia tidak memiliki dosa tersebut.” (HR. Bukhari)

Maka, cara terbaik untuk menghapus dosa zina adalah dengan bertobat total dan melakukan perubahan dalam diri menjadi yang lebih baik di masa depan. Dengan bertobat sepenuh hati, maka dosa zina yang pernah dilakukan bisa dihapuskan oleh Allah SWT dan kita diampuni. Sebab, Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Bagaimana cara bertobat yang benar?

Menurut Islam, untuk bisa bertobat dengan benar seseorang harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, ia harus benar-benar menyesali dosa yang telah ia perbuat dan berniat untuk tidak mengulanginya lagi. Kedua, ia harus memohon ampun kepada Allah SWT dan mengakui kesalahannya.

BACA JUGA:   Tips Mendapatkan Pernikahan Impian dengan Biaya Terjangkau

Ketiga, ia harus berjanji dan berusaha untuk memperbaiki dirinya menjadi lebih baik dan menjalankan kehidupannya dengan penuh kesadaran. Keempat, ia harus melakukan amalan saleh untuk mengganti perbuatan buruk yang pernah ia lakukan, seperti bersedekah, beribadah lebih rajin, atau membantu orang yang membutuhkan.

Jadi, jika Anda ingin menghapus dosa zina yang pernah terjadi di masa lalu, jangan hanya mengandalkan pernikahan untuk mengampuninya. Sebaliknya, bertobatlah sepenuh hati dan berupayalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu.

Kesimpulan

Dalam Islam, dosa zina merupakan dosa besar yang diharamkan oleh Allah SWT. Jika Anda pernah melakukan dosa zina, Anda bisa menghapus dosa tersebut dengan cara bertobat sepenuh hati dan memohon ampun kepada Allah SWT. Menikah dengan pasangan yang pernah berzina sebelumnya bukanlah cara terbaik untuk menghapus dosa tersebut.

Untuk bertobat dengan benar, seseorang harus memenuhi beberapa syarat, seperti menyesali dosa yang dilakukan, memohon ampun kepada Allah SWT, berjanji dan berusaha memperbaiki diri, serta melakukan amalan saleh. Dengan bertobat sepenuh hati dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, maka dosa zina yang pernah dilakukan bisa dihapuskan oleh Allah SWT dan kita diampuni.

Also Read

Bagikan:

Tags