Nama-nama Bayi yang Dilarang dalam Islam

Huda Nuri

Nama-nama Bayi yang Dilarang dalam Islam
Nama-nama Bayi yang Dilarang dalam Islam

Sebagai seorang muslim, memilih nama bayi yang diberikan adalah suatu kewajiban. Nama bayi yang dipilih harus mempunyai makna dan arti yang baik serta tidak melanggar aturan dalam islam. Ada beberapa nama yang dilarang dalam islam karena mempunyai makna yang buruk atau konotasi yang negatif. Berikut adalah beberapa nama-nama bayi yang dilarang dalam islam.

Nama Bayi dengan Makna Buruk

Harb

Harb merupakan nama arab yang artinya "perang". Nama ini dilarang dalam islam karena memberikan makna buruk dan tidak sesuai dengan pesan damai yang diusung oleh agama islam.

Hamzah

Hamzah adalah nama yang terkenal dalam sejarah islam, tetapi nama ini dilarang ketika digunakan untuk anak laki-laki. Nama Hamzah mempunyai makna "kekuatan" atau "keganasan" dan dianggap tidak sesuai untuk dijadikan nama.

Shihab

Shihab adalah nama yang bermakna "meteor" atau "bintang jatuh" dalam bahasa arab. Nama ini dianggap sebagai nama yang sangat buruk karena mengandung unsur astrologi.

Azazel

Azazel adalah nama yang berasal dari mitologi Yahudi dan memiliki konotasi yang negatif dalam islam. Nama ini dapat berarti "setan" atau "pintu neraka" dan dianggap tidak cocok untuk dijadikan nama bayi.

Nama Bayi yang Berlebihan

Abdul Ka’bah

Abdul Ka’bah berarti "hamba Ka’bah". Ka’bah adalah kiblat bagi umat islam dan mempunyai makna yang sangat suci. Namun, nama ini dianggap berlebihan karena menyandang sebuah julukan suci sebagai nama.

Abdul Rasul

Abdul Rasul berarti "hamba Rasul". Rasulullah merupakan utusan Allah dan mempunyai posisi yang sangat tinggi dalam agama islam. Namun, mengambil sebagai nama bayi dianggap berlebihan karena penuh dengan penghormatan yang besar terhadap posisi Nabi Muhammad.

BACA JUGA:   Sulam Bibir Menurut Islam: Keindahan yang Dipuja dan Hukumnya

Muhammad Syarif

Muhammad Syarif adalah kombinasi dari dua nama suci dalam islam, Muhammad yang merupakan nama Nabi terakhir dan Syarif yang bermakna "darah bangsawan". Meskipun nama ini terdengar indah, namun dianggap berlebihan karena kedua nama tersebut sudah suci dan memiliki makna yang dalam.

Nama dengan Makna yang Negatif

Malakul Maut

Malakul Maut adalah nama yang terkenal sebagai malaikat kematian dalam islam. Meskipun begitu, nama ini tetap dianggap buruk dan negatif karena dihubungkan dengan kematian dan kesedihan.

Haram

Haram memiliki makna yang begitu negatif dalam islam yaitu "dilarang". Nama ini dianggap tidak cocok sebagai nama bayi karena dapat memberikan kesan yang tidak baik.

Durbin

Durbin adalah nama yang artinya "kacamata" dalam bahasa arab. Namun, nama ini dianggap buruk dalam islam karena mempunyai konotasi negatif sejenis mata kucing.

Nama dengan Unsur Negatif

Samirah

Samirah berarti "penggubah kejahatan". Meskipun ini bukan merupakan makna utama dari nama ini, tetapi nama ini tetap dianggap memiliki unsur negatif.

Zalim

Zalim adalah nama yang artinya "kejam" dalam bahasa arab. Nama ini dianggap tidak layak sebagai nama bayi karena unsur kekejaman.

Kesimpulan

Dalam memilih nama bayi dalam islam, harus dipastikan bahwa nama tersebut mempunyai makna yang baik dan tidak berlebihan serta tidak mengandung unsur negatif. Berhati-hatilah dalam memilih, karena nama yang dipilih akan menjadi identitas anak selama hidupnya. Sebaiknya baca dan telusuri arti dari nama yang akan diberikan sebelum digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ingin memberikan nama bayi dalam islam.

Also Read

Bagikan: