Puasa yang Dilarang Agama Islam

Huda Nuri

Puasa yang Dilarang Agama Islam
Puasa yang Dilarang Agama Islam

Puasa adalah sebuah ibadah yang sangat penting dalam agama Islam dan dilaksanakan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan. Di luar bulan Ramadan sendiri, terdapat beberapa jenis puasa yang diperbolehkan dan juga yang dilarang. Pada kesempatan ini, kami akan membahas puasa yang dilarang dalam agama Islam.

Puasa yang Dilarang

Puasa pada dasarnya adalah menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, ada beberapa jenis puasa yang dilarang dalam agama Islam antara lain:

1. Puasa Nabi Daud

Puasa Nabi Daud adalah puasa di mana seseorang hanya makan setiap dua hari sekali atau setiap hari berselang-seli, dan tidak makan pada hari itu. Puasa jenis ini dilarang karena bertentangan dengan azas makan dan minum secara seimbang dalam Islam.

2. Puasa Tasu’a dan ‘Ashura’

Tasu’a dan ‘Ashura’ adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 dan 10 Muharram, dan merupakan puasa yang diasosiasikan dengan peristiwa Karbala, tetapi menurut Syariat Islam, tidak boleh dipraktikkan.

3. Puasa Kaffarah

Puasa jenis ini dilakukan ketika seseorang melakukan beberapa kesalahan besar dalam Islam. Puasa kaffarah dilarang dilakukan secara bersamaan dengan puasa wajib lainnya, karena puasa ini memiliki tujuan yang berbeda dengan puasa wajib.

4. Puasa Syawal Ditunda

Puasa Syawal biasanya dilakukan selama enam hari setelah hari raya Idul Fitri. Namun, puasa ini dilarang dilakukan jika dilakukan setelah bulan Syawal habis secara keseluruhan.

5. Puasa Ramadan Keseluruhan

Meskipun puasa Ramadan adalah puasa wajib bagi umat Muslim, namun ada beberapa orang yang hanya berpuasa setengah hari atau tersekat-sekat, bahkan ada pula yang hanya berpuasa di malam hari saja. Hal ini dilarang dalam Islam, karena puasa Ramadan harus dilakukan dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

BACA JUGA:   Artikel: Nama-nama yang Dilarang dalam Islam

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis puasa yang dilarang dalam agama Islam. Sebagai umat Muslim, kita harus mematuhi segala aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh agama kita. Marilah kita selalu berpuasa dengan cara yang benar dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah swt.

Also Read

Bagikan: