Rambut adalah Aurat Wanita: Membincangkan Pentingnya Menjaga Aurat di Era Digital

Huda Nuri

Rambut adalah Aurat Wanita: Membincangkan Pentingnya Menjaga Aurat di Era Digital
Rambut adalah Aurat Wanita: Membincangkan Pentingnya Menjaga Aurat di Era Digital

Apakah anda tahu bahwa rambut adalah aurat wanita? Pertanyaan ini mungkin terdengar kontroversial bagi sebagian orang, namun sebenarnya dalam Islam, rambut adalah bagian dari aurat dan harus dilindungi dari pandangan orang yang bukan muhrim kita.

Dalam era digital seperti sekarang ini, menjaga aurat tidaklah semudah yang dibayangkan. Internet dan media sosial telah membuka pintu lebar-lebar bagi siapa saja untuk mengakses konten yang dapat merusak moral dan menimbulkan godaan di mana saja dan kapan saja.

Oleh karena itu, sebagai seorang wanita muslim, penting bagi kita untuk memahami arti dari aurat dan selalu berusaha untuk menjaganya, termasuk rambut kita. Menjaga aurat akan memperlihatkan bahwa kita menjunjung tinggi ajaran Islam dan juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi diri kita sendiri.

Arti Aurat dalam Islam

Sebelum membahas lebih jauh mengenai aurat wanita, mari kita bahas terlebih dahulu apa arti dari aurat menurut Islam. Aurat adalah bagian tubuh manusia yang harus ditutupi dan disembunyikan dari pandangan orang yang tidak berhak melihatnya.

Bagi wanita, aurat mereka meliputi seluruh tubuh kecuali wajah, telapak tangan, dan kaki di atas mata kaki. Hal ini diatur dalam al-Quran surat al-Ahzab ayat 59:

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang yang beriman: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

BACA JUGA:   Batasan Aurat Perempuan Adalah Brainly

Untuk itu, wanita muslim harus selalu menjaga aurat mereka dalam keadaan apa pun. Bahkan ketika di rumah, jika ada pria yang bukan muhrimnya yang akan berkunjung, wanita muslim harus segera menutup auratnya dengan baju yang lebih sopan.

Rambut adalah Aurat Wanita

Rambut adalah salah satu bagian dari tubuh wanita yang harus ditutupi karena termasuk dalam aurat wanita. Hal ini diperkuat oleh hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Perempuan itu auratnya adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Apabila ia keluar maka setiap mata menyaksikan auratnya.”

Oleh karena itu, wanita muslim harus selalu menutup rambutnya dengan hijab atau kerudung. Selain itu, rambut yang panjang dan lebat juga dapat menarik perhatian orang lain, yang tentunya dapat menyebabkan godaan dan merusak moral.

Mengatasi Tantangan Menjaga Aurat di Era Digital

Menjaga aurat di era digital memang bukanlah mudah. Namun, sebagai wanita muslim, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan ini:

1. Gunakan Konten yang Positif dan Inspiratif

Dalam memanfaatkan media sosial, pilihlah konten yang positif dan inspiratif. Hindari konten yang vulgar atau tidak pantas karena dapat merusak moral dan membuat kita lupa menjaga aurat. Dengan memilih konten yang positif, kita dapat terus termotivasi untuk selalu menjaga aurat.

2. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Terlalu sering menggunakan media sosial dapat memperbesar risiko melihat konten yang tidak pantas. Oleh karena itu, kurangi penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Alihkan waktu tersebut untuk melakukan hal yang lebih produktif seperti beribadah atau membaca buku-buku islami.

3. Carilah Teman Seiman

Mencari teman seiman yang memiliki nilai-nilai dan prinsip yang sama dapat membantu kita untuk saling membimbing dalam menjaga aurat. Dengan bergaul dengan orang yang memiliki nilai yang sama, kita dapat terus termotivasi untuk selalu menjaga aurat, termasuk rambut kita.

BACA JUGA:   Apakah Dagu Termasuk Aurat Wanita?

4. Perbanyak Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran dapat membantu kita untuk selalu ingat akan ajaran Islam dan menjaga aurat. Selain itu, membaca Al-Quran juga dapat menenangkan pikiran dan memberikan ketenangan jiwa. Oleh karena itu, perbanyak membaca Al-Quran agar selalu ingat dan termotivasi untuk menjaga aurat.

Kesimpulan

Dalam menjalani hidup di era digital, menjaga aurat termasuk rambut adalah sangat penting bagi seorang wanita muslim. Kita harus selalu memahami arti dari aurat dan berusaha untuk menjaganya agar terhindar dari godaan dan merusak moral. Menggunakan konten yang inspiratif, mengurangi penggunaan media sosial, mencari teman seiman, dan perbanyak membaca Al-Quran dapat membantu kita untuk mengatasi tantangan ini. Jadi, jangan lupa selalu menjaga aurat meski di era digital seperti sekarang ini.

Also Read

Bagikan: