Shopee Paylater: Sudahkah Kamu Tahu Bahwa Kredit HP-nya Justru Mengandung Riba?

Huda Nuri

Shopee Paylater: Sudahkah Kamu Tahu Bahwa Kredit HP-nya Justru Mengandung Riba?
Shopee Paylater: Sudahkah Kamu Tahu Bahwa Kredit HP-nya Justru Mengandung Riba?

Kredit HP di Shopee, Apakah Riba?

Shopee PayLater adalah program kredit yang disediakan oleh Shopee untuk mempermudah pembelian barang tanpa harus membayar secara langsung di muka. Program ini cukup populer di kalangan pengguna Shopee karena memudahkan pengguna dalam melakukan pembelian. Namun, banyak pertanyaan yang muncul mengenai apakah program ini memenuhi syariat Islam atau tidak, khususnya terkait dengan riba.

Berdasarkan Fatwa DSN-MUI No:116/DSNMUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah, syarat dan ketentuan pada akad Qardh tidak diterapkan pada Shopee PayLater sehingga praktik pelaksanannya bertentangan dengan syariat Islam. Hal ini dikarenakan Shopee PayLater mengandung riba dalam pelunasan utangnya.

Riba dapat diartikan sebagai tambahan yang diberikan pada jumlah pokok pinjaman atau hutang. Dalam Islam, riba termasuk dalam kategori dosa besar dan haram untuk dilakukan. Sehingga, penggunaan Shopee PayLater yang mengandung riba dapat membawa dampak buruk bagi para pengguna.

Dalam program Shopee PayLater, terdapat bunga sebesar 2,95% per bulan yang dikenakan pada jumlah utang yang belum dibayar pada akhir bulan. Meskipun bunga yang dikenakan tidak sebesar pada program kredit yang diberikan oleh bank konvensional, namun bunga yang diterapkan pada Shopee PayLater tetap termasuk riba.

Sebagai pengguna Shopee, kita seharusnya memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan memenuhi syariat Islam. Mengambil kredit dengan bunga dapat membawa dampak yang buruk bagi keseimbangan keuangan kita. Oleh karena itu, kita seharusnya mempertimbangkan alternatif lain sebelum memutuskan untuk menggunakan Shopee PayLater.

Alternatif lain yang dapat digunakan adalah dengan mencari produk dengan harga yang lebih murah atau dengan menggunakan dana talangan dari keluarga atau teman. Selain itu, kita juga dapat menggunakan kartu kredit tanpa bunga atau dengan bunga yang lebih rendah.

BACA JUGA:   Riba secara Etimologi dan Terminologi: Memahami Arti dan Dampaknya pada Keuangan

Dalam Islam, kita diajarkan untuk menghindari riba dan memberikan manfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, kita seharusnya menghindari penggunaan Shopee PayLater untuk memastikan kita tidak melanggar syariat Islam.

Demikianlah penjelasan mengenai kredit HP di Shopee, apakah riba. Sebagai pengguna Shopee, kita seharusnya memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan tidak melanggar syariat Islam dan memberikan manfaat bagi orang lain. Semoga informasi yang disampaikan dapat membantu para pengguna Shopee dalam memilih alternatif yang sesuai dengan syariat Islam.

Also Read

Bagikan:

Tags