Tahapan-Tahapan Turunnya Al Quran

Huda Nuri

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat muslim yang berisi ajaran dan petunjuk dari Allah SWT. Al Quran turun secara bertahap dalam waktu yang cukup lama. Dalam tulisan ini, kita akan membahas tahapan-tahapan turunnya Al Quran.

Tahap Pertama: Penurunan Surat Al-Alaq

Tahapan pertama turunnya Al Quran adalah ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Wahyu pertama tersebut diturunkan pada malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Wahyu tersebut terdapat dalam surat Al-Alaq yang berarti "Segumpal darah". Surat Al-Alaq mengajarkan manusia untuk membaca dan menulis serta menyeru manusia untuk bersyukur kepada Allah SWT.

Tahap Kedua: Penurunan Surat-surat Makiyyah

Tahap kedua turunnya Al-Quran adalah penurunan surat-surat Makiyyah. Surat-surat Makiyyah merupakan surat yang diturunkan di Mekah. Surat-surat Makiyyah banyak membahas tentang akidah, tauhid, keimanan, dan akhlak. Surat-surat Makiyyah mengajarkan umat Islam untuk bersabar dalam menghadapi cobaan dan mengajak manusia agar kembali pada jalan yang benar.

Tahap Ketiga: Penurunan Surat-surat Madaniyyah

Tahap ketiga turunnya Al-Quran adalah penurunan surat-surat Madaniyyah. Surat-surat Madaniyyah merupakan surat yang diturunkan di Madinah. Surat-surat Madaniyyah banyak membahas peraturan dan hukum syariat dalam kehidupan sehari-hari. Surat-surat Madaniyyah mengajarkan tentang hukum waris, zakat, shalat, dan lain sebagainya.

Tahap Keempat: Penyelesaian dan Penegasan Isi Al Quran

Tahap keempat turunnya Al-Quran adalah penyelesaian dan penegasan isi Al Quran. Pada tahap ini, Allah SWT menurunkan surat Al-Baqarah yang merupakan surat terpanjang dalam Al Quran dan memuat banyak hukum dan peraturan syariat. Selain itu, Allah SWT juga menurunkan surat Al-Anfal dan surat At-Taubah untuk menguatkan persiapan perang dan memberikan pelajaran tentang peperangan.

BACA JUGA:   Bagaimana Sikap Orang yang Ikhlas dalam Melaksanakan Shalat

Kesimpulan

Jadi, tahapan-tahapan turunnya Al-Quran adalah tahap pertama penurunan surat Al-Alaq, tahap kedua penurunan surat-surat Makiyyah, tahap ketiga penurunan surat-surat Madaniyyah, dan tahap keempat penyelesaian dan penegasan isi Al Quran. Semua surat dalam Al Quran merupakan petunjuk dan ajaran dari Allah SWT yang harus diikuti oleh umat Islam. Dengan mengetahui tahapan-tahapan turunnya Al Quran, kita dapat lebih memahami ajaran yang terkandung dalam kitab suci Al Quran. Mari kita terus meningkatkan keimanan dan kepatuhan kita dalam mengikuti ajaran Al Quran.

Also Read

Bagikan: