Tips Mendapatkan Pernikahan Impian dengan Biaya Terjangkau

Dina Yonada

Tips Mendapatkan Pernikahan Impian dengan Biaya Terjangkau
Tips Mendapatkan Pernikahan Impian dengan Biaya Terjangkau

Nikah dengan Biaya Murah?

Apa Itu Biaya Nikah?

Biaya persyaratan nikah terdiri dari beberapa hal seperti biaya administrasi, mahar/maskawin, cincin pernikahan, hantaran/seserahan, tempat dan dekorasi pernikahan, katering, busana dan tata rias pengantin, serta dokumentasi pernikahan. Jumlah biaya yang dikeluarkan dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan dan lokasi.

Kenapa Harus Nikah dengan Biaya Murah?

Nikah dengan biaya murah bukan berarti nikah yang murahan. Ada banyak pasangan yang ingin menikah namun terkendala dengan biaya. Oleh karena itu, nikah dengan biaya murah menjadi pilihan yang tepat bagi pasangan yang ingin menikah namun terkendala dengan anggaran.

Bagaimana Mewujudkan Nikah dengan Biaya Murah?

Mewujudkan nikah dengan biaya murah dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut ini:

1. Menentukan Anggaran yang Jelas

Menentukan anggaran yang jelas akan membantu pasangan dalam mengontrol pengeluaran. Pasangan dapat membuat daftar prioritas dan memilih hal-hal yang benar-benar dibutuhkan. Dengan menetapkan prioritas ini, pasangan dapat mengalokasikan anggaran pada hal-hal yang essential saja.

2. Memilih Tempat Pernikahan yang Murah

Memilih tempat pernikahan yang murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa lokasi pernikahan yang biasanya murah antara lain balai desa, gedung serbaguna, atau halaman rumah keluarga. Dengan memilih lokasi yang murah, pasangan dapat menghemat biaya tempat dan dekorasi.

3. Memilih Cincin Pernikahan yang Sederhana

Cincin pernikahan menjadi salah satu hal penting dalam sebuah pernikahan. Memilih cincin pernikahan yang sederhana dan tidak terlalu besar bukan berarti murahan. Hal ini justru menunjukkan kesederhanaan pasangan dan nilai kekeluargaan yang kuat.

BACA JUGA:   Persiapan Pernikahan yang Sukses: 5 Pertanyaan Penting yang Harus Dibahas dalam Bimbingan Pra-Nikah

4. Menghemat Biaya Hantaran/Seserahan

Hantaran atau seserahan merupakan simbol hadiah dari pihak pengantin kepada calon pasangan. Menghemat biaya hantaran dapat dilakukan dengan cara memilih barang-barang yang lebih sederhana serta menghindari barang-barang yang terlalu mewah.

5. Menghemat Biaya Katering

Menghemat biaya katering dapat dilakukan dengan cara memesan katering yang lebih sederhana dan menghindari menu-menu yang terlalu mewah. Pasangan juga dapat memilih katering yang menawarkan paket hemat dengan porsi yang cukup.

Kesimpulan

Nikah dengan biaya murah bukanlah hal yang mustahil. Dengan menentukan anggaran yang jelas, memilih lokasi dan dekorasi yang murah, serta memilih barang-barang yang lebih sederhana, pasangan dapat mewujudkan pernikahan impian mereka. Nikah dengan biaya murah tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga menunjukkan kesederhanaan dan nilai kekeluargaan yang kuat.

Also Read

Bagikan:

Tags