Tips Menikah dengan Budget Terbatas: Anggaran Rp20 Juta untuk Nikah Sederhana

Dina Yonada

Tips Menikah dengan Budget Terbatas: Anggaran Rp20 Juta untuk Nikah Sederhana
Tips Menikah dengan Budget Terbatas: Anggaran Rp20 Juta untuk Nikah Sederhana

Modal Nikah Paling Kecil Berapa?

Berencana Menikah dengan Biaya Minimal?

Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk menikah dengan budget minimal, dan ingin tahu berapa biaya yang harus disiapkan. Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas rincian biaya pernikahan sesuai dengan budget maksimal Rp20 Juta.

Seserahan Lamaran

Biaya seserahan lamaran menjadi salah satu bagian penting dalam pernikahan, terutama bagi keluarga calon pengantin wanita. Meskipun begitu, Anda juga bisa mempersiapkan dengan biaya terjangkau. Awalnya, anggarkan dengan minimal biaya Rp1.000.000 atau lebih, asalkan bisa membuat pasangan dan keluarga bahagia.

Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan menjadi simbol dari ikatan suci pasangan selama hidupnya. Agar terlihat terbaik dan berkesan, biaya cincin Rp3.000.000 menjadi pilihan yang cukup terjangkau. Selain itu, ada banyak jenis cincin pernikahan yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan budget.

Mahar Pernikahan

Mahar pernikahan merupakan bentuk penghargaan kepada keluarga calon pengantin wanita. Biayanya pun berbeda-beda, tergantung budaya dan adat yang berlaku. Diketahui, modal nikah paling kecil di Indonesia adalah rata-rata Rp100.000 hingga Rp500.000.

Dekorasi Pernikahan

Dalam menentukan dekorasi pernikahan, Anda bisa menyiasatinya dengan cara menyewa jasa event organizer atau menyewa dan memilih sendiri dekorasinya. Dengan modal nikah Rp20 Juta, Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk dekorasi dengan skala minimalis, seperti bunga-bunga segar dalam wadah sederhana atau hiasan lampu.

Catering Pernikahan

Selanjutnya, biaya catering pernikahan. Menyiapkan hidangan untuk para tamu menjadi hal utama dalam acara pernikahan. Anda bisa mencari catering dengan harga terjangkau dan tetap memiliki rasa yang enak. Agar lebih hemat, Anda dapat menyiapkan menu prasmanan yang kurang dari Rp100.000 per orang.

BACA JUGA:   Bacaan Akad Nikah Pengantin Pria, Makna dan Pentingnya dalam Mempersiapkan Pernikahan Islami

Tempat Pernikahan

Tempat pernikahan dalam hal ini bisa menggunakan venue sederhana seperti halaman rumah atau sewa gedung yang murah. Anggarkan dengan biaya maksimal Rp10.000.000 agar tersisa uang untuk kebutuhan yang lain. Memilih sebuah tempat pernikahan yang murah dapat membantu menghemat biaya dengan lebih efektif.

Fotografer Pernikahan

Meskipun terlihat seperti hal yang sederhana, namun pemotretan dalam acara pernikahan menjadi hal yang penting untuk diabadikan. Mengutamakan fotografer dari kenalan atau teman yang cukup handal akan sangat membantu dalam menghemat biaya fotografer. Anggarkan biaya maksimal Rp5.000.000 untuk fotografer dan videografer.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dengan modal nikah paling kecil Rp20 Juta, Anda tetap bisa menyelenggarakan pernikahan yang sederhana dan meriah tanpa mengorbankan keuangan atau memaksakan diri. Jangan lupa, pernikahan merupakan momen bersejarah, maka pastikan untuk menyelenggarakan dengan carayang baik dan sesuai keinginan serta budget.

Also Read

Bagikan:

Tags