Zina dalam Islam: Mengenal Jenis-Jenis Zina yang Perlu Diketahui – Berikut Penjelasan Mengenai Zina Mata, Zina Qalbi, dan Zina Lisan yang Harus Dihindari Agar Dapat Dijauhkan dari Dosa dan Pahala Buruk Menurut Ajaran Islam.

Huda Nuri

Ada Berapa Kah Zina?

Zina merupakan dosa besar dalam Islam dan tergolong salah satu dari tindakan keji yang harus dihindari. Zina merupakan tindakan melanggar batas-batas pergaulan yang sangat dilarang dalam Islam. Ada tiga bentuk zina yang harus dihindari yaitu; zina mata, zina hati, dan zina lisan. Meski dosa zina sangat dilarang, masih banyak orang yang melakukan dosa ini bahkan tanpa sadar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bentuk-bentuk zina serta cara untuk menghindarinya.

Bentuk Pertama: Zina Mata

Zina mata adalah bentuk dosa zina yang terjadi ketika seseorang memandang lawan jenisnya dengan rasa hawa nafsu. Orang yang melakukan dosa ini biasanya memandang lawan jenisnya dengan pandangan yang tidak senonoh atau mengarah ke arah aurat lawan jenisnya. Pandangan seperti ini biasanya terjadi pada saat kita melihat gambar atau video mesum atau saat kita melihat orang yang memiliki bentuk tubuh yang menarik.

Cara menghindari zina mata adalah dengan memperkuat iman dan taqwa kepada Allah. Kita harus selalu mengingat kewajiban kita sebagai hamba Allah dan selalu berusaha melawan hawa nafsu. Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan memperbanyak dzikir, membaca Al-Qur’an, dan melakukan ibadah-ibadah lainnya. Selain itu, kita juga harus menjaga pandangan kita agar tidak terjebak dalam dosa zina mata.

Bentuk Kedua: Zina Hati

Zina hati adalah bentuk dosa zina yang terjadi ketika memikirkan atau berimajinasi tentang lawan jenis dengan perasaan senang dan bahagia. Zina hati sering terjadi pada saat kita terlalu sering memikirkan atau membayangkan lawan jenis dengan cara-cara yang tidak senonoh.

BACA JUGA:   Apakah Orang yang Berzina Boleh Menikah? Jawaban dari Perspektif Agama Islam - Mengupas Tuntas Pengertian dan Penjelasan terkait Fatwa dalam Al-Quran dan Hadis untuk Menjawab Dilema Pernikahan Orang yang Berzina dan Cara Bertaubat dengan Benar.

Cara menghindari zina hati adalah dengan menumbuhkan rasa kasih sayang kepada Allah dan mencoba selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah. Kita harus selalu berusaha untuk memutuskan pikiran-pikiran negatif yang terus menghantui kita dan berusaha untuk melakukan ibadah-ibadah yang dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah. Sebagai tambahan, kita dapat memperbanyak dzikir, shalat malam, dan membaca Al-Qur’an.

Bentuk Ketiga: Zina Lisan/Lisan Binasa

Zina lisan adalah bentuk dosa zina yang terjadi ketika membicarakan lawan jenis yang diikuti dengan perasaan senang atau mulut binasa. Orang yang melakukan dosa ini seringkali tidak sadar telah melakukan dosa sampai dirinya diingatkan oleh orang lain.

Cara menghindari zina lisan adalah dengan selalu berhati-hati dalam berbicara dan berusaha untuk memperbaiki kualitas bicara kita. Kita harus selalu berbicara dengan santun dan sopan, serta tidak membicarakan orang lain dengan kata-kata yang tidak pantas. Selain itu, kita juga harus belajar mengendalikan emosi dan melarang diri untuk bersikap tidak sopan dan tidak baik dalam berkata-kata.

Kesimpulan

Setiap manusia memiliki nafsu yang sangat sulit untuk dikendalikan sehingga kita harus selalu berusaha untuk mengecek apakah yang kita perbuat sesuai dengan kaidah agama atau tidak. Untuk menghindari ini, kita bisa memperbanyak ibadah dan selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala bentuk godaan atau godaan syaitan. Seseorang yang berhasil menekan nafsu tersebut dapat dikatakan sebagai orang yang berkarakter disiplin dan kuat imannya.

Semoga kita semua bisa terhindar dari dosa-dosa yang dilarang dalam Islam dan dapat selalu memperbaiki diri kita dalam berbagai aspek kehidupan. Wallahu a’lam bi ash-shawab.

Also Read

Bagikan:

Tags