10 Larangan Islam yang Harus Dipatuhi

Huda Nuri

10 Larangan Islam yang Harus Dipatuhi
10 Larangan Islam yang Harus Dipatuhi

Sebagai seorang muslim, mengikuti larangan-larangan dalam agama Islam merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Larangan-larangan tersebut ada untuk menjaga kehormatan, keadilan, ketentraman, dan ketentuan yang Allah tetapkan dalam agama Islam.

Berikut ini adalah 10 larangan islam yang wajib dipatuhi :

1. Larangan Shirk

Larangan yang pertama adalah larangan shirk. Shirk artinya ‘mengesakan Allah’ atau ‘memasukkan sesuatu selain Allah dalam ke-Tuhanan’. Shirk ini menjadi dosa yang paling besar bagi seorang muslim. Sebagai muslim, kita harus yakin bahwa hanya Allah-lah yang berhak disembah.

2. Larangan Bunuh Diri

Allah mengharamkan bunuh diri karena menyadari nilai hidup yang penting dan dijaga. Setiap manusia tidak boleh membunuh dirinya sendiri dan tidak boleh membunuh orang lain.

3. Larangan Membunuh Orang yang Tidak Bersalah

Membunuh orang yang tidak bersalah adalah perbuatan yang sangat keji dan tercela. Ini termasuk seorang pembunuh yang telah membunuh tanpa alasan yang jelas.

4. Larangan Zina

Zina termasuk perilaku yang sangat tercela dalam agama Islam. Menurut Al-Quran, zina adalah pelanggaran terhadap hukum Tuhan. Melakukan zina adalah melanggar hak Allah dalam menjaga ketertiban dan kerukunan dalam kehidupan sosial.

5. Larangan Menyakiti Orang Lain

Larangan ini di dalam Al-Quran disebut dengan istilah adz-dzulm. Sikap ini terkait dengan perlindungan terhadap hak asasi manusia dan sikap menghargai orang lain.

BACA JUGA:   Negara Islam yang Dilarang Masuk Amerika - Catatan tentang Politik dan Hukum Imigrasi di Amerika Serikat

6. Larangan Sumpah Palsu

Membuat sumpah palsu untuk menutupi kesalahan atau kecurangan adalah hal yang sangat tercela. Ini adalah tindakan yang melanggar kepentingan umum.

7. Larangan Menyakiti Orang Tua

Allah menempatkan kedudukan orang tua di atas segalanya. Itulah sebabnya orang tua layak dihormati, dilindungi, dan diperlakukan dengan baik.

8. Larangan Memakan Harta Orang Lain

Mengambil harta orang lain secara tidak sah adalah perbuatan yang sangat tercela dan dilarang dalam agama Islam.

9. Larangan Menyebar Fitnah

Fitnah adalah membuat tuduhan atau desas-desus untuk mencemarkan nama baik seseorang atau kelompok tertentu. Dalam agama Islam, perbuatan ini sangat tercela dan tidak boleh dilakukan.

10. Larangan Meminjam Uang dengan Bunga

Bunga adalah keuntungan tambahan yang diperoleh dari pemberi pinjaman. Dalam agama Islam, bunga dilarang karena dapat memberikan pengaruh negatif pada kestabilan ekonomi dan sosial masyarakat.

Dalam mengikuti larangan-larangan di atas, seorang muslim akan membuktikan kepatuhan, ketaatan, dan keimanan yang kuat dalam agama Islam.

Sekian tulisan mengenai 10 larangan Islam yang harus dipatuhi. Semoga kita senantiasa dapat mengikuti aturan dan larangan dalam agama Islam.

Also Read

Bagikan: