Menjelaskan Perbedaan Antara Walimatul Nikah dan Walimatul Urs

Dina Yonada

Menjelaskan Perbedaan Antara Walimatul Nikah dan Walimatul Urs
Menjelaskan Perbedaan Antara Walimatul Nikah dan Walimatul Urs

Perbedaan Walimatul Nikah dan Walimatul Ursy

Apakah Anda sering mendengar istilah walimatul nikah dan walimatul ursy dan bingung apa perbedaannya? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara kedua istilah tersebut.

Definisi Walimatul Nikah

Walimatul nikah adalah acara yang diadakan setelah pernikahan berlangsung. Acara ini biasanya diadakan oleh keluarga pengantin laki-laki dan perempuan untuk merayakan pernikahan mereka dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman. Pada acara walimatul nikah, biasanya disajikan makanan dan minuman kepada para tamu sebagai tanda terima kasih karena telah menghadiri acara tersebut.

Definisi Walimatul Ursy

Sementara itu, Walimatul Ursy adalah acara yang diadakan untuk merayakan awal tahun Islam atau Muharram. Acara ini biasanya diadakan oleh keluarga atau masyarakat Muslim di seluruh dunia. Selama acara walimatul ursy, biasanya dibacakan doa, disajikan makanan dan minuman, serta diadakan pengajian.

Meskipun suara kelompok orang yang mengucapkan shalawat dan zikir sering terdengar saat acara walimatul ursy, tidak ada hubungan langsung dengan pernikahan. Istilah walimatul ‘ursy sendiri terdiri dari tiga kata; ‘ain, ra, dan syin. Jika dirangkai menjadi kata ‘ursyun, artinya adalah terjadi perayaan atau perkumpulan.

Perbedaan antara Walimatul Nikah dan Walimatul Ursy

Perbedaan mendasar antara walimatul nikah dan walimatul ursy terletak pada waktu dan tujuannya. Walimatul nikah diadakan setelah pernikahan, sementara walimatul ursy diadakan selama perayaan awal tahun Islam.

Walimatul nikah biasanya diadakan di rumah keluarga pengantin atau di tempat sewa lainnya, sementara walimatul ursy biasanya diadakan di masjid atau tempat umum yang luas.

Tujuan walimatul nikah adalah untuk merayakan pernikahan pengantin baru dan untuk menebar kebahagiaan. Sementara tujuan walimatul ursy adalah untuk memperingati peristiwa penting dalam sejarah Islam dan untuk memupuk semangat kebersamaan dan kasih sayang antara para jamaah.

BACA JUGA:   Pernikahan Dalam Islam PDF: Panduan Lengkap Untuk Pasangan Muslim

Saat walimatul nikah, para tamu biasanya menerima undangan yang spesifik, sedangkan walimatul ursy terbuka untuk umum dan siapapun dapat menghadiri acara tersebut.

Akhir kata

Dalam konteks yang benar, istilah walimatul urs tanpa “y” merujuk pada sebuah acara yang diadakan selama awal tahun Islam. Sementara walimatul nikah adalah acara yang diadakan setelah pernikahan.

Dalam hal apapun, kedua acara tersebut menyajikan makanan dan minuman untuk tamu dan bertujuan untuk memupuk semangat kebersamaan dan kasih sayang. Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda memahami perbedaan antara walimatul nikah dan walimatul ursy.

Also Read

Bagikan:

Tags