Pantangan Sebelum Menikah Menurut Islam: Mencegah Kehancuran Pernikahan dengan Mematuhi Larangan Calon Pengantin

Dina Yonada

Pantangan Sebelum Menikah Menurut Islam: Mencegah Kehancuran Pernikahan dengan Mematuhi Larangan Calon Pengantin
Pantangan Sebelum Menikah Menurut Islam: Mencegah Kehancuran Pernikahan dengan Mematuhi Larangan Calon Pengantin

Pantangan Sebelum Menikah Menurut Islam

Calon pengantin memasuki fase baru dalam hidup mereka ketika mereka memutuskan untuk menikah. Sebelum memasuki ikatan suci tersebut, ada beberapa pantangan yang harus ditaati oleh pasangan calon pengantin. Dalam agama Islam, pantangan sebelum menikah sangat penting untuk diikuti, karena dapat menjaga kehormatan dan kesucian pasangan calon pengantin, serta membawa berkah dalam hidup berumah tangga jika diikuti dengan baik.

Larangan Berkendara Jauh

Salah satu pantangan yang perlu ditaati calon pengantin sebelum menikah adalah dilarang berkendara jauh. Hal ini disebabkan agar calon pengantin dapat fokus pada persiapan pernikahan mereka dan tidak terlalu lelah sehingga terlihat kurang bugar pada acara nikah. Terlebih jika waktu tempuh saat berkendara jauh sangat memakan waktu, dan waktu yang terbuang ini dapat digunakan untuk persiapan yang lebih penting.

Larangan Menemui Mantan

Selain pantangan berkendara jauh, calon pengantin juga dilarang menemui atau berkomunikasi dengan mantan pacar mereka. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat pasangan calon pengantin terjebak dalam masa lalu yang dapat mengganggu psikologis mereka. Sebaiknya fokus pada masa depan mereka bersama dan membangun kepercayaan satu sama lain.

Larangan Memotong Kuku dan Rambut

Selain itu, calon pengantin dilarang memotong kuku dan rambut mereka selama 40 hari terakhir sebelum pernikahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan pasangan calon pengantin serta memperlihatkan bahwa keduanya benar-benar telah mempersiapkan diri secara matang dan sungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri untuk melebur dalam satu ikatan suci.

BACA JUGA:   Hukum Menikahi Hasil Zina: Apakah Diperbolehkan dalam Agama?

Larangan Meminjam Uang

Sebagai pantangan meningkatkan kesucian pasangan calon pengantin, mereka juga dilarang meminjam uang selama persiapan pernikahan berlangsung. Hal ini menjaga agar pasangan tidak terjebak dalam masalah finansial pada hari pernikahan, selain itu membuat mereka belajar untuk berhemat dengan uang mereka dan meminimalkan kemungkinan terjadinya keributan seputar biaya pernikahan.

Larangan Membicarakan Urusan Pribadi

Terakhir, pasangan calon pengantin dilarang membicarakan urusan pribadi kepada tamu atau kerabat selama persiapan pernikahan berlangsung. Pasangan harus mempersiapkan diri dengan penuh kesabaran, kebijaksanaan, dan kecerdasan dalam menghadapi berbagai macam tamu yang hadir pada hari pernikahan mereka.

Kesimpulannya, pantangan sebelum menikah menurut Islam sangat penting untuk diikuti, karena dapat menjaga kehormatan calon pengantin serta membawa berkah dalam hidup berumah tangga pasangan. Hal-hal yang harus ditaati, seperti dilarang berkendara jauh, tidak boleh menemui mantan, tidak memotong kuku dan rambut, dilarang meminjam uang, dan tidak mengutarakan urusan pribadi pada acara pernikahan. Semua pantangan ini memang sangat dihargai oleh agama Islam dan patut untuk diikuti oleh pasangan calon pengantin.

Also Read

Bagikan:

Tags