6 Nama Bayi yang Dilarang dalam Islam

Huda Nuri

6 Nama Bayi yang Dilarang dalam Islam
6 Nama Bayi yang Dilarang dalam Islam

Dalam agama Islam, pemilihan nama anak sangatlah penting. Nama yang dipilih harus memiliki makna yang baik dan positif, serta tidak mengandung unsur negatif atau buruk. Ada beberapa nama bayi yang dilarang dalam Islam karena memiliki arti dan makna yang negatif atau mengandung unsur syirik. Berikut adalah 6 nama bayi yang dilarang dalam Islam.

1. Abdul Harits

Nama Abdul Harits berarti ‘hamba Harits’. Harits sendiri merupakan nama orang kafir yang menyembah matahari. Oleh karena itu, penggunaan nama Abdul Harits dianggap mengandung unsur syirik.

2. Abdul Uzza

Abdul Uzza berarti ‘hamba Uzza’. Uzza adalah salah satu dewi dari agama Jahiliyah yang disembah oleh orang Arab di waktu jahiliah. Sehingga penggunaan nama Abdul Uzza dianggap mengandung unsur syirik.

3. Harb

Harb berarti ‘perang’. Nama ini dianggap negatif oleh agama Islam karena di dalam Islam tidak dianjurkan untuk melakukan perang kecuali jika memang mendapat serangan terlebih dahulu.

4. Alqamah

Alqamah berarti ‘sang pemabuk’. Nama ini dianggap negatif karena mengandung unsur buruk dan tidak baik.

5. Malik al-Amlak

Malik al-Amlak berarti ‘raja segala raja’. Penggunaan nama ini dianggap tidak sopan karena seharusnya hanya Allah SWT yang memiliki gelar ‘raja segala raja’.

6. Barrah

Barrah berarti ‘sang pemulung’. Nama ini dianggap buruk karena pekerjaan tersebut tidak dianggap mulia.

Pilihan nama bayi yang baik dan positif sangatlah penting dalam agama Islam. Oleh sebab itu, sebaiknya kita memilih nama yang memiliki makna positif dan tidak mengandung unsur buruk atau negatif. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memilih nama untuk bayi kita.

BACA JUGA:   Larangan Berhubungan Dalam Islam: Penjelasan Mendalam

Also Read

Bagikan: