Apakah Hukum Anak yang Belum Baligh Tidak Boleh Pakai Perhiasan?

Huda Nuri

Apakah Hukum Anak yang Belum Baligh Tidak Boleh Pakai Perhiasan?
Apakah Hukum Anak yang Belum Baligh Tidak Boleh Pakai Perhiasan?

Anak-anak memang sangat senang memakai perhiasan untuk menambahkan gaya dan kecantikan mereka. Namun, bagi orang tua yang ingin mendidik anak-anak mereka secara Islami, muncul pertanyaan tentang apakah hukum anak yang belum baligh tidak boleh pakai perhiasan? Dalam artikel ini, kita akan membahas masalah ini secara rinci.

Definisi Baligh

Baligh dalam bahasa Arab berasal dari kata “Bulugh” yang berarti “sampai”. Dalam konteks agama Islam, baligh berarti “sudah dewasa”. Seorang anak dianggap baligh atau dewasa ketika ia mencapai usia tertentu atau saat tanda-tanda dewasa telah muncul pada dirinya.

Menurut hukum Islam, kesempurnaan fisik dan mental anak menjadi syarat sahnya Baligh.

Perlakuan Anak Sebelum Baligh

Sebelum mencapai usia baligh, anak-anak memang membutuhkan banyak pengawasan dan perawatan dari orangtuanya. Hal ini termasuk tindakan yang harus diambil orang tua terkait dengan memakai perhiasan pada anak mereka.

Secara umum, perhiasan boleh dipakai oleh anak-anak yang belum baligh, namun secara khusus, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum anak diperbolehkan memakai perhiasan.

Syarat Memakai Perhiasan bagi Anak-anak yang Belum Baligh

  • Perhiasan harus diperoleh dari sumber yang halal.
  • Bentuk perhiasan tidak boleh mencolok dan tidak mengarahkan pandangan orang lain pada anak.
  • Perhiasan harus sesuai dengan umur dan jenis kelamin anak.
  • Tidak boleh memakai perhiasan yang dapat membahayakan keselamatan anak.
  • Anak harus dilatih untuk memakai perhiasan dengan cara yang benar dan memperlihatkan rasa syukur atas karunia Allah SWT.

Keuntungan Anak Memakai Perhiasan

Ketika anak diperbolehkan memakai perhiasan yang sesuai syarat di atas, tentunya akan ada beberapa keuntungan yang dapat diambil dari penggunaan perhiasan tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menambah kepercayaan diri anak sejak dini.
  • Membantu anak belajar bagaimana caranya merawat benda-benda berharga.
  • Membantu anak menghargai benda-benda berharga dan menjaganya dengan baik.
  • Membantu anak memahami betapa pentingnya kesederhanaan dan moderasi dalam hidup.
BACA JUGA:   Cara Menghadapi Orang yang Selalu Membicarakan Kita Menurut Islam

Kesimpulan

Dalam Islam, tidak terdapat larangan khusus tentang anak-anak yang belum baligh memakai perhiasan. Selama empat syarat di atas dipenuhi dan diikuti, maka memakai perhiasan adalah hal yang diperbolehkan. Namun, orang tua harus memastikan bahwa anak mereka selalu diawasi dan diberi pengajaran yang benar tentang bagaimana menggunakan perhiasan dengan benar dan bijak.

Jadi, jika Anda ingin memberikan perhiasan pada anak Anda, pastikan untuk memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu, gunakan kesempatan tersebut untuk mengajarkan nilai-nilai Islami yang penting dan membantu anak mengembangkan sikap yang baik.

Also Read

Bagikan: