Apakah Kredit di Shopee Merupakan Riba? Cari Tahu Selengkapnya!

Huda Nuri

Apakah Kredit di Shopee Merupakan Riba? Cari Tahu Selengkapnya!
Apakah Kredit di Shopee Merupakan Riba? Cari Tahu Selengkapnya!

Kredit di Shopee Apakah Riba?

Saat ini, berbelanja online menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Selain lebih praktis, belanja online juga memberikan banyak keuntungan, seperti diskon dan cashback. Di sisi lain, kemajuan teknologi juga merambah ke dunia perbankan, sehingga muncul berbagai jenis layanan perbankan online, salah satunya adalah Shopee PayLater. Namun, apakah Shopee PayLater ini bisa dikategorikan sebagai riba?

Menurut beberapa pendapat hukum, Shopee PayLater ini bisa dikatakan riba ketika adanya unsur ziyadah atau tambahan yang disyaratkan di muka oleh pihak penerbit paylater kepada konsumennya. Termasuk dalam jenis riba utang yang diharamkan. Namun, jika Shopee PayLater membebankan biaya tambahan maka bukan termasuk riba.

Apa itu Shopee PayLater?
Shopee PayLater adalah layanan kredit yang diberikan oleh Shopee kepada pengguna yang memenuhi syarat. Layanan ini menyediakan kredit tanpa harus melalui proses yang rumit, cukup dengan beberapa step pengajuan yang mudah dilakukan di aplikasi Shopee.

Bagaimana Cara Kerja Shopee PayLater?
Cara kerja Shopee PayLater cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengajukan kredit melalui aplikasi Shopee dan pengajuan tersebut akan segera diproses. Pengajuan kredit ini tidak memerlukan jaminan apapun dan bisa dilakukan dengan cukup menggunakan identitas pribadi. Pembayaran kredit dapat dilakukan melalui beberapa cara, termasuk dengan cicilan dan juga pembayaran penuh.

Apakah Shopee PayLater Masuk dalam Kategori Riba?
Menurut beberapa pendapat hukum, Shopee PayLater dikenakan riba ketika adanya unsur ziyadah atau tambahan yang disyaratkan di muka oleh pihak penerbit paylater kepada konsumennya. Termasuk dalam jenis riba utang yang diharamkan.

Bagaimana dengan Biaya Tambahan?
Jika Shopee PayLater membebankan biaya tambahan maka bukan termasuk riba. Biaya tambahan ini biasanya meliputi biaya administrasi, biaya penanganan denda atau keterlambatan, dan biaya lain yang biasanya dibayarkan secara sukarela oleh pengguna.

BACA JUGA:   Berkah Mengalir dengan Menghindari Riba: Fakta Manfaat Spiritual dan Materi saat Menjauh dari Praktik Riba

Namun, jika biaya tambahan yang dikenakan jauh melebihi dari nilai nominal kredit, maka sifatnya bisa dikategorikan sebagai riba. Oleh karena itu, sebagai pengguna, kita harus memperhatikan dan memahami dengan baik mengenai biaya tambahan yang dikenakan oleh Shopee PayLater sebelum mengambil keputusan untuk mengajukan kredit.

Apa Keuntungan Menggunakan Shopee PayLater?
Salah satu keuntungan menggunakan Shopee PayLater adalah kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan. Dengan Shopee PayLater, pengguna bisa dengan mudah membeli barang yang diinginkan dan melakukan pembayaran dengan cara yang mudah dan tidak rumit. Selain itu, pengguna juga bisa memperoleh diskon dan cashback yang menarik setiap kali menggunakan layanan Shopee PayLater.

Bagaimana Cara Mengajukan Kredit Shopee PayLater?
Untuk bisa mengajukan kredit Shopee PayLater, pengguna cukup mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

  • 1. Masuk ke aplikasi Shopee dan pilih menu Shopee PayLater
  • 2. Pilih waktu pengajuan, mulai dari 30 hari hingga 3 bulan
  • 3. Isi informasi pribadi dan verifikasi identitas
  • 4. Tunggu persetujuan dari pihak Shopee
  • 5. Setelah disetujui, Shopee PayLater akan langsung aktif dan pengguna bisa langsung melakukan pembelian sesuai nilai kredit yang diberikan
  • Kesimpulan
    Dalam pandangan beberapa pendapat hukum, Shopee PayLater yang dikenakan biaya tambahan bukan termasuk dalam kategori riba. Namun, sebagai pengguna, kita tetap harus memperhatikan biaya tambahan yang dikenakan dan memahami dengan baik sebelum melakukan pengajuan kredit. Selain itu, Shopee PayLater juga menyediakan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja online. Karenanya, pengguna bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan ini untuk mendapatkan keuntungan dan kemudahan berbelanja online yang lebih baik.

    Also Read

    Bagikan:

    Tags