Artikel: Nama-nama yang Dilarang dalam Islam

Huda Nuri

Artikel: Nama-nama yang Dilarang dalam Islam
Artikel: Nama-nama yang Dilarang dalam Islam

Di dalam Islam, nama memiliki arti dan makna yang sangat penting. Nama yang diberikan kepada seorang anak haruslah memiliki makna baik dan positif. Namun, ada beberapa nama yang dilarang dalam Islam karena memiliki makna yang buruk atau memiliki asal-usul yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Berikut adalah beberapa nama yang dilarang dalam Islam:

Nama yang Mengandung Makna Negatif

1. Harb

Harb berarti perang dalam bahasa Arab. Nama ini dianggap kurang baik karena memiliki makna negatif dan dapat menimbulkan kesan negatif.

2. Murrah

Murrah berarti "jahat" atau "rusak". Nama ini dianggap kurang baik karena mempunyai makna yang negatif dan dapat memberikan kesan buruk.

Nama yang Berhubungan dengan Praktik Syirik

1. Abdul Uzza

Uzza adalah salah satu dari tiga jin utama yang dipuja oleh masyarakat Arab pra-Islam. Menggunakan nama Abdul Uzza dianggap sebagai pelanggaran ajaran Islam karena mengandung unsur praktik syirik.

2. Abdul Ka’bah

Ka’bah adalah tempat suci di Mekkah yang dimuliakan oleh umat Islam. Namun, mengambil nama Abdul Ka’bah dianggap sebagai pelanggaran ajaran Islam karena dianggap sebagai praktik syirik.

Nama yang Berhubungan dengan Praktik Jahiliyah

1. Azza

Azza adalah nama dewi pra-Islam yang dipuja oleh masyarakat Arab pada masa Jahiliyah. Menggunakan nama Azza dianggap sebagai pelanggaran ajaran Islam karena mengandung unsur praktik jahiliyah.

2. Zanubiya

Zanubiya adalah nama salah satu istri Nabi Muhammad saw. Namun, menggunakan nama tersebut dianggap tidak baik karena Zanubiya adalah nama seorang penguasa yang jahat pada masa pra-Islam.

BACA JUGA:   Larangan Merayakan Ulang Tahun Menurut Islam

Nama yang Hanya Digunakan oleh Non-Muslim

1. Kafir

Kafir berarti "yang tidak beriman" dalam bahasa Arab. Nama ini digunakan untuk menyebut orang yang tidak beragama Islam. Menggunakan nama ini dianggap tidak etis dan dapat menimbulkan kesan negatif.

2. Salib

Salib adalah simbol agama Kristen. Menggunakan nama Salib dianggap tidak etis dan dapat menimbulkan kesan negatif terhadap ajaran Islam.

Kesimpulan

Sebagai umat Islam, kita harus memilih nama yang baik dan positif untuk diberikan kepada anak-anak kita. Nama-nama yang dilarang dalam Islam memiliki makna yang buruk atau asal-usul yang bertentangan dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih nama-nama yang memiliki makna positif dan sesuai dengan ajaran Islam.

Also Read

Bagikan: