Berhias Yang Dilarang Dalam Islam

Huda Nuri

Berhias Yang Dilarang Dalam Islam
Berhias Yang Dilarang Dalam Islam

Berhias atau mempercantik diri merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak wanita. Namun, dalam Islam, terdapat peraturan yang harus diikuti dalam berhias. Ada beberapa jenis perhiasan yang dilarang dalam Islam. Peraturan-peraturan ini dalam Islam bertujuan untuk menjaga kesucian dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari.

Perhiasan yang Dilarang dalam Islam

Saat ini, banyak wanita yang menggunakan perhiasan untuk mempercantik diri. Namun, dalam Islam, terkadang banyak perhiasan yang tidak boleh digunakan. Beberapa jenis perhiasan yang dilarang dalam Islam antara lain:

Perhiasan yang Terbuat dari Emas dan Perak

Perhiasan yang terbuat dari emas dan perak dilarang untuk digunakan oleh wanita muslim. Hal ini karena perhiasan tersebut dianggap sebagai perhiasan yang lebih digemari oleh kaum pria, sehingga menjadi tidak pantas jika digunakan oleh wanita.

Perhiasan yang Menyerupai Perhiasan Orang Kafir

Perhiasan yang menyerupai perhiasan orang kafir juga dilarang dalam Islam. Wanita muslim dianjurkan untuk menggunakan perhiasan yang berbeda dengan perhiasan yang umum digunakan oleh orang kafir. Perhiasan tersebut dapat membuat terlihat lebih baik dan menarik tetapi yang terpenting dalam Islam adalah jangan sampai melanggar prinsip-prinsip keagamaan.

Perhiasan yang Terbuat dari Bahan yang Tidak Suci

Perhiasan yang terbuat dari bahan yang tidak suci juga dilarang dalam Islam. Bahan-bahan yang tidak suci ini seperti bulu, bulu binatang dan gigi binatang. Jika dipakai, sangat tidak baik bagi kesucian diri seseorang.

Kesimpulan

Dalam Islam, terdapat banyak peraturan yang harus diikuti terkait berhias dan mempercantik diri. Hal ini untuk menjaga kesucian dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari. Banyak jenis perhiasan yang dilarang dalam Islam seperti perhiasan yang terbuat dari emas dan perak, perhiasan yang menyerupai orang kafir dan perhiasan yang terbuat dari bahan yang tidak suci.

BACA JUGA:   Alasan Pacaran Dilarang dalam Islam

Namun, wanita muslim masih bisa menggunakan perhiasan sebagai pendukung penampilan. Beberapa jenis perhiasan yang boleh digunakan dalam Islam di antaranya seperti perhiasan yang terbuat dari kain atau kain sutra. Tetapi, tetap harus memperhatikan hal-hal yang dilarang dalam Islam pada saat memilih perhiasan yang akan digunakan.

Jadi, bagi wanita muslim, tetap dapat tampil cantik dan memperhatikan aturan Islam, hal ini dapat menjadikan seseorang terlihat baik tanpa perlu berhias secara berlebihan seperti menggunakan perhiasan yang dilarang dalam Islam.

Also Read

Bagikan: