Cara Beli Rumah Tanpa Riba: 7 Strategi Efektif yang Wajib Dicoba

Huda Nuri

Cara Beli Rumah Tanpa Riba: 7 Strategi Efektif yang Wajib Dicoba
Cara Beli Rumah Tanpa Riba: 7 Strategi Efektif yang Wajib Dicoba

Bagaimana Cara Membeli Rumah Tanpa Riba?

Membeli rumah merupakan impian banyak orang. Namun, bagi sebagian orang, hal tersebut bisa menjadi sulit ketika terkendala oleh masalah keuangan, apalagi jika harus membayar riba yang bisa meningkatkan biaya pembelian rumah. Padahal, Islam melarang bertransaksi dengan riba.

Namun, tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara membeli rumah tanpa riba yang bisa dilakukan sebagai solusi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Hindari Cicilan dan Beli Rumah secara Tunai

Membeli rumah secara tunai adalah cara terbaik dan paling aman untuk menghindari riba. Dengan membeli rumah secara tunai, kita bisa menghemat biaya pembelian dengan cara menghindari bunga atau cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

Namun, untuk membeli rumah secara tunai, kita harus memiliki uang yang cukup besar. Oleh karena itu, cara ini tidak cocok bagi mereka yang tidak memiliki uang tunai yang cukup.

2. Ajukan Cicilan Langsung ke Developer Properti Syariah

Seiring dengan berkembangnya konsep bisnis syariah, banyak developer properti yang menyediakan program cicilan dengan sistem syariah. Program cicilan ini biasanya tanpa bunga dan tanpa riba.

Dalam program cicilan ini, kita akan membayar sejumlah uang setiap bulannya yang terdiri dari pokok dan margin keuntungan developer. Hal ini dikarenakan developer memiliki keuntungan dari kelebihan harga dari harga pengadaan dan dihitung secara tetap dalam rentang waktu.

BACA JUGA:   Hukum Riba dalam Islam: Menjelaskan Ayat Al Baqarah 278 tentang Larangan Memakan Riba

Namun, sebelum memilih developer properti syariah, pastikan untuk memeriksa reputasi perusahaan, menyelesaikan kewajiban cicilan dengan lancar, dan tidak terjadi penyelewengan keuntungan pada intitusi kepercayaan kepemilikan rumah.

3. Mengajukan KPR melalui Bank Syariah

Mengajukan KPR melalui bank syariah adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih. Dalam sistem ini, bank akan memberikan pinjaman dengan skema yang tanpa riba. Pinjaman akan dibayar dengan cara menghitung pokok pinjaman dan margin keuntungan bank pada waktu yang ditentukan.

Namun, mengajukan KPR melalui bank syariah juga memilik kelemahan, misalnya harus memiliki uang muka dalam jumlah besar dan disiapkan yang mengakibatkan proses pengajuan bisa menjadi tidak lancar pada sebagian orang.

4. Lakukan Negosiasi dengan Penjual Rumah

Jika tidak ingin membeli rumah melalui program cicilan ataupun mengajukan KPR melalui bank syariah, cara ini juga bisa dilakukan. Lakukan negosiasi dan ajak diskusi bersama penjual rumah untuk mencapai kesepakatan harga tanpa adanya bunga atau riba.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kedua pihak sudah sepakat dalam hal harga dan pembayaran rumah, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

5. Pinjam Uang Kerabat atau Keluarga

Meminjam uang dari kerabat atau keluarga bisa menjadi pertimbangan untuk membeli rumah tanpa riba. Namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana agar hubungan dengan keluarga tidak terganggu.

Pastikan juga untuk membayar hutang tepat waktu dan dalam kondisi finansial yang cukup, supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari.

6. Berdoa dan Banyak Bersedekah

Berdoa dan bersedekah memang bukan cara langsung untuk membeli rumah, tetapi dengan berdoa dan bersedekah, Allah SWT akan membuka jalan bagi kita dalam menggapai keinginan untuk memiliki sebuah rumah.

BACA JUGA:   Apakah Kredit Rumah di Bank Termasuk Riba? Menjelaskan Pandangan Ulama Ahlusunnah tentang Bunga Bank dan KPR.

Tidak hanya itu, dengan bersedekah, kita juga membantu sesama yang sedang membutuhkan, sehingga mendapat banyak pahala di sisi Allah SWT.

7. Menabung Sejak Dini

Menabung sejak dini adalah salah satu cara efektif untuk membeli rumah tanpa riba. Kita bisa menyiapkan dana per bulan dan menabung dalam bentuk deposito atau reksa dana syariah dengan tujuan membeli rumah suatu saat nanti.

Dalam menabung, pastikan untuk disiplin dalam menyisihkan uang atau anggaran belanja. Hal ini akan membantu kita mempercepat untuk mencapai tujuan untuk memiliki rumah tanpa terbebani oleh hutang atau riba.

Simpulan

Membeli rumah tanpa riba adalah sebuah hal yang diharapkan bagi setiap orang. Tidak ada satu cara yang benar-benar sempurna untuk membeli rumah tanpa riba, karena setiap orang memiliki kondisi keuangan sendiri-sendiri.

Namun, dengan memilih salah satu atau beberapa cara di atas, kita sudah berusaha untuk meminimalisir penggunaan riba atau bunga saat membeli rumah. Semoga dengan semua usaha dan doa yang kita lakukan, kita bisa menjadi pemilik rumah secara halal dan sesuai dengan ajaran agama.

Also Read

Bagikan:

Tags