Cara Keluar dari Hutang Riba: Bertaubat Kepada Allah dan Terapkan Prioritas untuk Berhasil Membayarnya

Huda Nuri

Cara Keluar dari Hutang Riba: Bertaubat Kepada Allah dan Terapkan Prioritas untuk Berhasil Membayarnya
Cara Keluar dari Hutang Riba: Bertaubat Kepada Allah dan Terapkan Prioritas untuk Berhasil Membayarnya

Bagaimana Cara Keluar dari Hutang Riba?

Mengalami masalah keuangan memang menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika masalah keuangan tersebut terkait dengan hutang riba. Hutang riba adalah hutang dengan bunga yang sangat tinggi sehingga semakin lama Anda menunda untuk melunasinya, maka semakin besar pula beban hutang yang akan Anda hadapi.

Namun, sebagai umat Muslim, kita tidak diperbolehkan untuk terlibat dalam transaksi riba. Sehingga, jika kita terlanjur terjerat hutang riba, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah bertaubat kepada Allah.

Bertaubatlah kepada Allah

Jangan pernah lupa untuk selalu meminta maaf kepada Allah dan bertaubat karena dosa yang telah dilakukan. Selalu bersikap rendah hati dan berusaha untuk selalu dekat dengan Allah agar mendapat kemudahan dalam menghadapi masalah keuangan.

Tetapkan Skala-Skala Prioritas Melunasi Hutang

Setelah bertaubat, maka langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas dalam melunasi hutang. Mulailah dengan melakukan perhitungan total jumlah hutang yang harus dilunasi dan tetapkan skala prioritas dalam melunasinya. Utamakan untuk melunasi hutang dengan bunga yang paling tinggi terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan hutang-hutang yang berbunga lebih rendah.

Hiduplah Sesederhana Mungkin

Sesederhana apapun gaya hidup yang kita jalani, jangan pernah biarkan diri kita terjebak dalam gaya hidup konsumtif yang berlebihan. Coba untuk memangkas pengeluaran yang tidak perlu dan hiduplah sesederhana mungkin. Ini adalah cara yang efektif untuk mempercepat proses melunasi hutang, sehingga tidak terjebak dalam lingkaran hutang lagi.

BACA JUGA:   Bahaya Besar Riba: Mengungkap Sebab-Sebab Kegagalan, Keterpurukan, dan Penderitaan

Mulai Bersedekah

Bersedekah atau memberikan sedikit dari apa yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan keberkahan dari Allah. Selain itu, bersedekah juga bisa membantu kita dalam mengatasi masalah keuangan, karena dengan bersedekah kita akan banyak mendapatkan rezeki yang halal dari Allah.

Membantu Orang Lain

Berikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, entah itu dalam bentuk bantuan finansial, bantuan materi, atau bantuan dalam bentuk lainnya. Banyak sekali orang yang membutuhkan bantuan, yang kadang hanya butuh grip tangan atau bahu untuk menumpahkan keluh kesah mereka. Membantu orang lain juga akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kita.

Jual Aset yang Masih Dimiliki

Jika kita masih memiliki aset-aset yang bisa kita jual, seperti mobil, perhiasan atau aset lainnya, maka jangan ragu untuk menjualnya. Namun, pastikan kita tidak menjual aset-aset yang sangat penting dan memang dibutuhkan secara desperate. Aset yang tidak terlalu dibutuhkan bisa dijual untuk membayar hutang riba.

Perbanyak Sumber Pemasukan

Cari cara untuk meningkatkan penghasilan, baik dengan mencari pekerjaan tambahan atau membuka usaha kecil-kecilan. Ini akan membantu kita dalam melunasi hutang riba dan membuka peluang untuk memiliki penghasilan yang lebih besar.

Kesimpulan

Dalam mengatasi masalah hutang riba, langkah pertama selalu adalah bertaubat kepada Allah. Setelah itu, selalu tetapkan skala prioritas dalam melunasi hutang, hiduplah sesederhana mungkin, mulai bersedekah dan membantu orang lain, jual aset yang masih dimiliki, serta perbanyak sumber pemasukan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang memerlukan solusi dalam mengatasi hutang riba. Dalam hidup ini, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, selama kita sabar dan tekun dalam menghadapinya. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan dalam mengatasi masalah keuangan.

Also Read

Bagikan:

Tags