Cara Memotong Kuku Menurut Sunnah Rasul

Huda Nuri

Cara Memotong Kuku Menurut Sunnah Rasul
Cara Memotong Kuku Menurut Sunnah Rasul

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang harus dijaga dan dirawat. Selain menjadi tempat tumbuhnya kuman, kuku yang panjang dan tidak terawat juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, memotong kuku secara berkala sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Namun, ternyata memotong kuku juga memiliki tata cara yang sesuai dengan Sunnah Rasulullah. Berikut adalah cara memotong kuku menurut Sunnah Rasulullah sebagaimana yang dipraktekkan oleh umat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Persiapan Memotong Kuku

Sebelum memotong kuku, sebaiknya kita mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama-tama, siapkan peralatan potong kuku yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan kuku dan jari-jari tangan atau kaki dengan air bersih atau sabun agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Setelah itu, siapkan benda yang dapat menampung potongan kuku. Sebaiknya tidak memotong kuku di atas permukaan yang sulit dibersihkan seperti karpet atau sofa, karena potongan kuku yang jatuh bisa sulit dibersihkan dan menimbulkan kuman.

Tata Cara Memotong Kuku

  1. Pilih waktu yang tepat untuk memotong kuku, yaitu di waktu yang tidak dilarang untuk beribadah seperti setelah shalat atau saat tidak dalam keadaan junub.

  2. Mulailah dengan memotong kuku jari kelingking dari kaki sebelah kanan. Kemudian lanjutkan ke kaki kiri, tangan kanan, dan terakhir tangan kiri. Hal ini dilakukan karena Nabi Muhammad saw. biasanya memulai memotong kuku dari jari kelingking di kaki sebelah kanan.

  3. Potong kuku dengan sudut 45 derajat pada bagian ujung kuku. Jangan memotong terlalu pendek karena dapat menyebabkan luka atau bahkan infeksi.

  4. Setelah memotong, sebaiknya kita rapihkan dengan menggunakan kikir untuk menghaluskan tepi kuku yang kasar.

  5. Setelah selesai, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa bagian yang dipotong dengan benda yang dapat menampung potongan kuku.

BACA JUGA:   Hukum Lelaki Memakai Perhiasan

Kesimpulan

Dalam Islam, memotong kuku memiliki tata cara yang sesuai dengan Sunnah Rasulullah. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, memotong kuku secara berkala juga akan membuat kita merasa lebih nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, marilah kita praktekkan cara memotong kuku menurut Sunnah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Referensi

  • Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi
  • Sunnah Yang Sering Terlupa, Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Lc. MA.

Also Read

Bagikan: