Cara Mengatasi Kesulitan Hidup Menurut Islam

Huda Nuri

Cara Mengatasi Kesulitan Hidup Menurut Islam
Cara Mengatasi Kesulitan Hidup Menurut Islam

Apabila kita merasa kesulitan hidup, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam Islam untuk mengatasi hal tersebut. Terkadang, hidup memang penuh dengan ujian dan cobaan yang membuat kita merasa tidak mampu untuk menghadapinya. Namun, dengan melakukan beberapa cara yang disarankan dalam Islam, kita dapat menghadapinya dengan lebih baik.

Berdoa

Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan hidup menurut Islam adalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Dalam Islam, berdoa adalah bentuk pengakuan atas kelemahan diri kita sebagai hamba Allah, dan sebagai bentuk pengakuan bahwa kita membutuhkan pertolongan-Nya. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu” (QS. Ghafir: 60)

Dalam berdoa, kita harus meyakini bahwa Allah SWT pasti menjawab doa kita, namun bukan berarti kita tidak harus berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu sikap yang sangat dianjurkan dalam Islam. Kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita, baik yang besar maupun yang kecil. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu mensyukuri (nikmat-Ku), pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Dengan bersyukur, kita akan lebih mudah mengatasi kesulitan hidup karena kita akan merasa lebih bersyukur atas nikmat yang Allah telah berikan dan kurang merasakan beban atas kesulitan yang sedang kita alami.

Menjalankan Shalat

Menjalankan shalat adalah bentuk penghormatan kita kepada Allah SWT. Selain sebagai ritual ibadah, shalat juga dapat membantu kita untuk mengatasi kesulitan hidup. Dalam shalat, kita dapat merenungkan dan meminta petunjuk kepada Allah, serta memohon kekuatan untuk menghadapi cobaan yang sedang kita alami.

BACA JUGA:   Cara Menghilangkan Keraguan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Meningkatkan Iman dan Taqwa

Iman dan taqwa adalah dua hal yang sangat penting dalam menghadapi kesulitan hidup. Dengan iman yang kuat, kita akan selalu yakin bahwa Allah pasti memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan yang kita alami, meskipun jalan tersebut mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya” (QS. Al-Baqarah: 286)

Dengan taqwa yang tinggi, kita akan selalu menjaga diri kita dari perbuatan yang tidak baik dan selalu berusaha untuk berbuat baik.

Bersabar

Ketika menghadapi kesulitan hidup, kita harus selalu bersabar dalam menjalani setiap ujian yang diberikan oleh Allah. Dalam Islam, sabar adalah sikap yang sangat dianjurkan karena dengan sabar, kita akan selalu menghadapi setiap ujian dengan tenang dan tidak mudah putus asa. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan orang-orang yang sabar, karena mereka mencari keridaan Tuhan mereka dan mereka mendirikan shalat dan mereka menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan; merekalah orang-orang yang mendapat tempat yang terpuji (di akhirat).” (QS. Al-Ra’d: 22)

Dengan sabar, kita akan dapat menghadapi setiap rintangan dengan lebih baik dan berusaha untuk mencari jalan keluarnya.

Kesimpulan

Dalam Islam, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan hidup, antara lain dengan berdoa, bersyukur, menjalankan shalat, meningkatkan iman dan taqwa, serta bersabar. Dengan melakukan cara tersebut, kita akan lebih mudah menghadapi setiap cobaan yang sedang kita alami dan tetap yakin bahwa Allah pasti memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan yang kita hadapi.

Also Read

Bagikan: