Dalil Al Quran sebagai Penyempurna Kitab Sebelumnya

Huda Nuri

Al Quran merupakan kitab suci Quranic yang diyakini oleh seluruh umat Islam sebagai petunjuk hidup. Banyak penulis dan intelektual telah mengingatkan kita tentang pentingnya Al Quran dalam kehidupan kita sebagai nasihat dan pengingat. Surat Al Baqarah, ayat 2-5 menyatakan bahwa Al Quran tidak hanya dapat membawa manfaat bagi yang membacanya, namun juga menjadi sumber kebijaksanaan bagi seluruh umat manusia. Kitab bagi umat Islam ini telah menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya seperti kitab-kita suci Injil dan Taurat.

Sebagian besar kitab suci yang termasuk dalam kelompok ahlul kitab atau kitab suci sebelum Islam seperti Injil dan Taurat, menjadi acuan kitab Al Quran ketika Al Quran diturunkan. Dalam berbagai surat Al Quran, Allah SWT telah mengutip banyak ayat Quranic yang berkaitan dengan kitab-kitab sebelumnya. Terdapat beberapa dalil dalam Al Quran yang menjelaskan tentang penyempurnaan kitab-kitab suci Injil dan Taurat oleh Al Quran.

Ayat Al Quran yang Menyatakan Penyempurnaan Kitab Suci Sebelumnya

Surat Al Maidah, Ayat 44

Surat Al Maidah, ayat 44 menyatakan bahwa Al Quran telah diturunkan oleh Allah SWT untuk menyempurnakan ajaran yang sebelumnya telah diberikan melalui kitab-kitab suci Injil dan Taurat. Ayat tersebut menjelaskan bahwa kitab suci yang diberikan Allah SWT sebelum Al Quran tidak utuh dan tidak lengkap. Oleh karena itu, Al Quran diturunkan oleh Allah SWT untuk menyempurnakan kitab-kitab suci itu.

Surat Al Maidah, Ayat 48

Dalam surat Al Maidah, ayat 48, Allah SWT berbicara kepada Nabi Muhammad SAW dan menjelaskan bahwa Al Quran merupakan kitab suci yang telah diturunkan oleh Allah SWT untuk menegakkan ajaran dari kitab-kitab suci sebelumnya seperti Injil dan Taurat. Surat tersebut juga menyatakan bahwa Al Quran adalah sumber hukum yang paling sempurna dan lengkap.

BACA JUGA:   Membahagiakan Orang Tua dalam Islam

Surat Al Maida, Ayat 3

Ayat Al Quran lain yang menjelaskan tentang penyempurnaan kitab suci sebelumnya dapat ditemukan dalam surat Al Maida, ayat 3. Dalam ayat ini, Allah SWT menyatakan bahwa Dia telah menyempurnakan agama Islam untuk umat manusia dan bahwa agama ini merupakan agama yang sempurna.

Kesimpulan

Al Quran dipercayai oleh seluruh umat Muslim sebagai penyempurna kitab-kitab suci sebelumnya seperti Injil dan Taurat. Kitab suci Al Quran menyajikan ide-ide yang lebih maju dan lebih luas daripada ajaran yang tertuang dalam kitab-kitab suci sebelumnya. Al Quran merupakan sumber hukum yang berharga, yang memberikan petunjuk bagi umat manusia dalam membangun kehidupan yang disiplin dan etis. Oleh karena itu, kita harus mengambil manfaat dari kitab suci ini dalam kehidupan kita sehari-hari dan mempelajari ajarannya dengan sebaik-baiknya.

Also Read

Bagikan: