Doa dalam Alquran dan Hadis yang Bisa Membantu dalam Kehidupan Sehari-hari

Huda Nuri

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang penting bagi umat Muslim. Selain bisa membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT, doa juga bisa membantu kita menghadapi berbagai permasalahan dan kesulitan dalam hidup. Dalam Alquran dan hadis, terdapat banyak sekali doa-doa yang bisa kita amalkan. Berikut ini adalah beberapa doa dalam Alquran dan hadis yang bisa membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Doa untuk Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu hal yang paling berharga dalam hidup kita. Tanpa kesehatan yang baik, kita tidak bisa melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal. Berikut ini adalah beberapa doa dalam Alquran dan hadis yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kita.

Doa untuk Menjaga Kesehatan

لَيْسَ فِي الدَّهْرِ شَيْءٌ أَغْلَى مِنَ الصِّحَّةِ، إِذَا ذَهَبَتْ الصِّحَّةُ ذَهَبَ الدَّهْرُ كُلُّهُ

Artinya: "Tidak ada di dunia ini yang lebih berharga dari kesehatan. Jika kesehatan hilang, maka hilanglah seluruh dunia ini."

Doa untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْجُنُوْنِ وَالْجُذَامِ وَالْبَرَصِ وَسَيْئِ الْاسْقَامِ

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari penyakit gila, kusta, lepra, dan berbagai penyakit yang buruk."

Doa untuk Kesembuhan Dari Penyakit

يَا شَافِيَ السَّقَمِ، اشْفِ أَنْتَ الشَّافِيُ، لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya: "Ya Allah yang menyembuhkan, sembuhkanlah aku dengan menyembuhkan diriku. Tidak ada penyembuhan kecuali penyembuhan dari-Mu, penyembuhan yang tidak meninggalkan penyakit."

BACA JUGA:   Kisah Inspiratif Penghafal Al Quran

Doa untuk Kelancaran Rezeki

Rezeki adalah salah satu hal penting dalam hidup kita. Rezeki yang lancar akan membuat hidup kita jauh lebih mudah dan terjamin keberlangsungannya. Berikut ini adalah doa dalam Alquran dan hadis yang bisa membantu memperlancar rezeki kita.

Doa untuk Kehidupan yang Berkah

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

Doa untuk Pertambahan Rezeki

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku sebagai orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, terimalah doa kami."

Doa untuk Ketenangan Hati

Ketenangan hati adalah salah satu hal yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan yang tenang dan bahagia. Berikut ini adalah beberapa doa dalam Alquran dan hadis yang bisa membantu mencapai ketenangan hati.

Doa untuk Kelapangan Hati

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan anugerahkanlah rahmat dari-Mu. Sesungguhnya Engkau Allah Yang Maha Pemberi karunia."

Doa untuk Ketenangan Hati

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ، ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ

Artinya: "Ya Allah, Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu."

Doa untuk Perlindungan dari Musibah

Musibah adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam hidup kita. Berikut ini adalah beberapa doa dalam Alquran dan hadis yang bisa membantu kita dalam meminta perlindungan dari musibah.

Doa untuk Perlindungan dari Musibah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ، وَالْجُنُونِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

BACA JUGA:   Ayat-Ayat yang Berisi Tentang Perintah Ikhlas

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari penyakit kusta, gila, dan keburukan segala penyakit."

Doa untuk Perlindungan dari Bencana Alam

أَسْتَوْدِعُكُمُ اللَّهَ الَّذِي لَا تَضِيعُ وَدَائِعُهُ، أَسْتَوْدِعُكُمُ اللَّهَ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Saya serahkan kepada kalian Allah SWT yang segala amanat-Nya tidak pernah hilang, saya serahkan kepada kalian Allah. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, hilangnya kesehatan, dan segala macam bencana dan murka-Mu."

Kesimpulan

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang penting bagi umat Muslim. Melalui doa, kita bisa memperkuat iman dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dalam Alquran dan hadis, terdapat banyak sekali doa-doa yang bisa kita amalkan. Doa-doa tersebut bisa membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan, seperti kesehatan, kelancaran rezeki, ketenangan hati, dan perlindungan dari musibah. Yuk, amalkan doa-doa tersebut agar kita bisa menjadi umat Muslim yang lebih baik.

Also Read

Bagikan: