Duduk yang Dilarang dalam Islam

Huda Nuri

Duduk yang Dilarang dalam Islam
Duduk yang Dilarang dalam Islam

Dalam Islam, duduk atau posisi duduk memiliki makna dan tata cara tersendiri. Posisi duduk didasarkan pada tata cara menghormati Allah SWT. Oleh karena itu, ada beberapa jenis posisi duduk yang dilarang dalam Islam.

Duduk dengan Paha Kiri Menjulur

Duduk dengan paha kiri menjulur adalah salah satu duduk yang dilarang dalam Islam. Posisi ini dianggap tidak sopan dan mengandung unsur kesombongan. Cara duduk yang benar dalam Islam adalah dengan menyilangkan kaki kanan dan kaki kiri diletakkan di bawah dengan posisi kaki kiri di bawah kaki kanan.

Duduk Jongkok

Duduk jongkok juga termasuk duduk yang dilarang dalam Islam. Posisi ini dianggap tidak sopan dan tidak sesuai dengan akhlak Islam. Cara duduk yang benar dalam Islam adalah dengan duduk tegak dan menyilangkan kaki.

Duduk dengan Kaki Terbuka

Duduk dengan kaki terbuka juga termasuk duduk yang dilarang dalam Islam. Posisi ini dianggap kurang sopan dan tidak menghormati Allah SWT. Sebaiknya, kedua kaki disilangkan dan ditempatkan di bawah paha yang lain.

Duduk Menyandar

Duduk menyandar juga dilarang dalam Islam. Posisi ini dianggap tidak sopan dan kurang menghormati Allah SWT. Cara duduk yang benar adalah dengan duduk tegak tanpa sandaran.

Kesimpulan

Dalam Islam, tata cara duduk menjadi hal yang penting. Ada beberapa jenis posisi duduk yang dilarang dalam Islam karena dianggap tidak sopan dan tidak sesuai dengan akhlak Islam. Oleh karena itu, sebaiknya muslim dan muslimah memperhatikan tata cara duduk yang benar dalam Islam agar dapat menghormati Allah SWT.

BACA JUGA:   Dilarang Mengeluh dalam Islam: Mengapa Hal Ini Penting?

Also Read

Bagikan: