Godaan Menjelang Pernikahan dalam Islam

Huda Nuri

Godaan Menjelang Pernikahan dalam Islam
Godaan Menjelang Pernikahan dalam Islam

Pernikahan adalah momen spesial yang diimpikan oleh banyak orang. Namun, dalam Islam, pernikahan adalah salah satu ibadah yang sangat diutamakan. Namun, pada saat menjelang pernikahan, seringkali muncul godaan yang bisa mengancam kesucian pernikahan. Masalah ini tidak hanya dirasakan oleh pasangan yang akan menikah, tetapi juga oleh keluarga dan masyarakat sekitar.

Godaan dari Diri Sendiri

Dalam menjalin hubungan yang serius, banyak anak muda yang belum bisa menempatkan hatinya secara benar. Sebagian dari mereka bahkan lebih mengutamakan nafsu dan keinginan pribadi ketimbang menjalankan peran sebagai hamba Allah yang bertanggung jawab. Mereka sering terjerumus pada zina, pacaran yang tidak sehat dan menjaga hubungan yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi godaan dari diri sendiri, kita harus memperkuat iman dan menempatkan hati dengan benar. Berusaha untuk menghindari hal-hal yang memicu godaan seperti melihat pornografi, memandangi lawan jenis dengan nafsu, dan membiarkan hati meluapkan emosi.

Godaan dari Keluarga

Pada zaman sekarang, keluarga seringkali mengeluarkan uang yang besar untuk mengadakan acara pernikahan. Hal ini kadang-kadang menjadi beban bagi kedua pasangan yang akan menikah. Selain itu, godaan dari keluarga seperti memilih pasangan, memutuskan keputusan pernikahan, dan berbagai masalah yang tidak sesuai dengan hati nurani seringkali muncul.

Cara Mengatasi

Kita harus mengambil sikap yang tegas dalam menghadapi godaan keluarga. Kita harus mengajak keluarga untuk memahami keinginan kita dengan baik dan mengambil keputusan pernikahan yang sesuai dengan hati nurani. Selain itu, kita harus memperkuat komunikasi dengan keluarga agar tidak ada lagi masalah yang muncul.

BACA JUGA:   Arti Nikah dalam Islam

Godaan dari Masyarakat

Di lingkungan masyarakat, godaan selalu ada. Misalnya, diskriminasi karena suku, agama dan ras, caci maki, dan hinaan. Hal ini bisa membuat

pasangan yang baru menikah merasa tertekan dan cemas.

Cara Mengatasi

Kita harus menerima kenyataan bahwa masyarakat selalu ada yang meragukan dan mengkritik segala sesuatu. Kita harus memperkuat pendirian dengan menguatkan keyakinan, dan selalu mengingat bahwa Allah selalu bersama kita. Selain itu, kita harus berusaha untuk menghindari konflik dengan masyarakat dan selalu bersikap bijak dalam menjalankan hubungan.

Kesimpulan

Mempersiapkan pernikahan dalam Islam memang tidak mudah. Selalu ada godaan dan cobaan yang muncul. Tetapi, jika kita memperkuat iman dan berusaha keras, kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT untuk memandu kita dalam memilih dan menempatkan hati dengan benar.

Also Read

Bagikan: