Hadits Tentang Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Huda Nuri

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan, hadits Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta seseorang. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai hadits tersebut.

Pengertian Sedekah

Sedekah adalah memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang lain yang membutuhkan. Sedekah bukan hanya berupa uang, tetapi juga bisa berupa barang atau jasa. Tujuan dari sedekah adalah untuk membantu orang yang membutuhkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hadits Tentang Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Hadits tentang sedekah tidak mengurangi harta berasal dari Sunan Abu Daud. Dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Charity does not decrease wealth."

Artinya, sedekah tidak akan mengurangi harta seseorang. Sebaliknya, dengan berinfak maka seseorang akan mendapatkan pahala dan ganjaran dari Allah SWT. Dalam surat Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman:

"The example of those who spend their wealth in the way of Allah is like a seed [of grain] which grows seven spikes; in each spike is a hundred grains. And Allah multiplies [His reward] for whom He wills. And Allah is all-Encompassing and Knowing."

Artinya, orang yang bersedekah kepada Allah SWT akan diberikan ganjaran yang berlipat-lipat dari Allah SWT.

Keutamaan Sedekah

Sedekah adalah salah satu amalan yang paling banyak dianjurkan oleh Islam. Ada banyak keutamaan dari sedekah di antaranya:

Menjaga Harta Tetap Berkah

Dengan melakukan sedekah, seseorang akan merasa lebih tenang dalam menjalani hidup. Selain itu, dengan berinfak maka harta seseorang akan terus berkah dan menjadi pemberian Allah SWT. Seperti yang tercantum dalam hadits Qudsi berikut:

BACA JUGA:   Sedekah Subuh Diberikan kepada Siapa

"Allah said: ‘Spend (on charity), O son of Adam, and I shall spend on you.’"

Artinya, Allah SWT menjamin untuk memberikan balasan bagi orang yang bersedekah dengan memberikan rezeki yang lebih banyak.

Mendapatkan Pahala

Berinfak kepada orang yang membutuhkan juga akan menghasilkan pahala yang besar dari Allah SWT. Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW:

"Seven people will be shaded by Allah under His shade on the day when there will be no shade except His shade. (One of them will be) a man who gives in charity and hides it (from people) so that his left hand does not know what his right hand has spent."

Artinya, orang yang bersedekah dengan cara yang benar akan mendapatkan salah satu dari tujuh orang yang akan mendapat naungan di bawah naungan Allah SWT di hari kiamat.

Membersihkan Diri dari Dosa

Dalam Islam, sedekah juga berfungsi sebagai cara membayar dosa. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadits yang berbunyi:

"Charity extinguishes sin as water extinguishes fire."

Artinya, sedekah bisa membantu seseorang membersihkan diri dari dosa-dosa yang pernah dilakukannya di masa lampau.

Kesimpulan

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Islam. Dengan bersedekah, seseorang akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT dan juga membantu orang yang membutuhkan. Selain itu, hadits tentang sedekah tidak mengurangi harta menyatakan bahwa berinfak adalah cara yang benar untuk meminta barokah kepada Allah SWT. Sebagai umat Islam, kita harus selalu ingat untuk selalu bersedekah dan membantu sesama yang membutuhkan.

Also Read

Bagikan: