Hal Hal yang Dilarang dalam Islam

Huda Nuri

Hal Hal yang Dilarang dalam Islam
Hal Hal yang Dilarang dalam Islam

Islam sangat menekankan pentingnya menjaga adab, etika, dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa hal yang dilarang dalam Islam dan menjadi amalan yang harus dihindari oleh umat muslim. Berikut adalah beberapa hal yang dilarang dalam Islam:

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol sangat dilarang dalam Islam. Alkohol termasuk dalam zat yang dapat memabukkan dan membuat orang kehilangan kendali diri. Meminum minuman beralkohol akan merusak kesehatan tubuh dan juga membahayakan jiwa. Di dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan bahaya minuman beralkohol pada ayat 90 di dalam surah Al Ma’idah.

Perjudian

Perjudian juga termasuk dalam hal yang sangat dilarang dalam Islam. Perjudian termasuk dalam bentuk perbuatan yang tidak adil dan merugikan orang lain. Perjudian juga bisa memicu adu domba dan perkelahian antar sesama manusia. Di dalam Al Quran, perbuatan judi dan perjudian dinyatakan sebagai perbuatan yang sangat buruk pada ayat 90 di dalam surah Al Ma’idah.

Zina

Zina termasuk dalam perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Zina merupakan perbuatan seksual di luar nikah dan dihukum berat di dalam hukum Islam. Zina dapat merusak moral dan akhlak seseorang, dan merusak keharmonisan dalam hubungan perkawinan. Di dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan bahaya perbuatan zina pada ayat 32 di dalam surah Al Isra.

Membunuh Orang atau Bunuh Diri

Membunuh orang atau bunuh diri sangat dilarang dalam Islam. Membunuh orang atau bunuh diri merupakan perbuatan yang tidak manusiawi dan sangat merugikan orang lain. Islam mengajarkan agar kita harus menebarkan kasih sayang dan kebaikan kepada sesama manusia, bukan membuat mereka menderita. Di dalam Al Quran, membunuh orang dinyatakan sebagai perbuatan yang sangat buruk pada ayat 32 di dalam surah Al Isra.

BACA JUGA:   Islam Melarang Perut Buncit

Memakan Hewan yang Dilarang

Islam mengajarkan agar orang muslim hanya memakan hewan yang halal. Ada beberapa hewan yang dilarang untuk dimakan oleh umat muslim, seperti babi, anjing, dan kuda. Memakan hewan yang dilarang dalam Islam adalah perbuatan yang sangat dilarang dan akan merusak kesehatan tubuh. Di dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan tentang makanan yang halal pada ayat 5 di dalam surah Al Ma’idah.

Bertindak Curang

Bertindak curang juga termasuk dalam hal yang sangat dilarang dalam Islam. Bertindak curang merupakan perbuatan yang merugikan orang lain dengan cara tidak adil. Bertindak curang juga dapat merusak kepercayaan antar sesama manusia. Di dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan tentang perilaku jujur dan tidak curang pada ayat 35 di dalam surah Al An’am.

Menyakiti Orang Lain

Menyakiti orang lain adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Islam mengajarkan agar umat muslim harus menyebar kasih sayang dan kebaikan, bukan membuat orang lain menderita. Menyakiti orang lain juga dapat menimbulkan konflik dan ketidakharmonisan dalam hubungan antar manusia. Di dalam Al Quran, Allah SWT menjelaskan tentang kebaikan dan kasih sayang pada ayat 77 di dalam surah Ali Imran.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi umat muslim untuk menghindari dan menjauhi hal-hal yang dilarang dalam Islam. Setiap hal yang dilarang dalam Islam memiliki konsekuensi yang sangat berat bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebagai umat muslim yang taat, kita harus selalu ingat akan hal-hal yang dilarang dalam Islam dan berusaha untuk meningkatkan kebaikan dan akhlak dalam diri kita agar selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan: