Hal yang Dilarang dalam Islam untuk Wanita

Huda Nuri

Hal yang Dilarang dalam Islam untuk Wanita
Hal yang Dilarang dalam Islam untuk Wanita

Dalam Islam terdapat banyak aturan dan peraturan yang harus diikuti oleh setiap muslim, termasuk wanita. Namun, ada beberapa hal yang dilarang khususnya untuk wanita, baik itu mengenai tindakan maupun perlengkapan yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dilarang dalam Islam untuk wanita:

1. Menampakkan Aurat

Wanita dalam Islam diberikan kewajiban untuk menutup auratnya. Aurat sendiri adalah bagian tubuh yang harus ditutupi karena termasuk bagian yang menjurus kearah yang bernuansa seksual. Jadi, bagi setiap wanita muslim, menutup aurat itu harus dilakukan baik saat di rumah atau di luar rumah. Beberapa bagian tubuh yang termasuk dalam aurat adalah seluruh tubuh kecuali wajah, telapak tangan, dan kaki.

2. Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang sangat tidak disukai oleh Allah SWT, karena merokok merugikan kesehatan dan juga merusak lingkungan. Kebiasaan merokok juga berdampak buruk pada kesehatan para perokok dan juga orang disekitarnya. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, wanita juga dilarang merokok.

3. Memakai Parfum Terlalu Kuat

Wanita muslim dilarang memakai parfum terlalu kuat yang bisa mengundang nafsu seorang pria. Hal ini sejalan dengan adab-adab Islam yang menuntut setiap muslim untuk menjaga kehormatan diri dan mempertahankan adab-adab yang baik dalam pergaulan.

4. Bertautan Tangan dengan Lelaki yang Bukan Mahram

Tidak diperbolehkan bagi wanita untuk bertautan tangan dengan lelaki yang bukan muhrimnya (saudara yang dihalalkan), karena hal tersebut bisa memicu hal-hal yang tidak diinginkan. Wanita muslim harus menjaga diri dan menghindari hal tersebut agar terhindar dari tindakan yang tidak patut.

BACA JUGA:   Angola Larang Islam: Menilai Pembatasan Kebebasan Beragama

5. Menjalin Hubungan Pacaran

Pacaran dianggap sebagai tindakan yang sangat tidak pantas serta tidak sesuai dengan aturan Islam. Alasan di balik terlarangnya pacaran dalam Islam adalah karena pacaran bisa memicu tindakan-tindakan yang bertentangan dengan syariat Islam seperti melakukan perbuatan zina.

6. Menyambut Tangan Lelaki yang Bukan Mahram

Menyambut tangan lelaki yang bukan muhrim juga termasuk tindakan yang dilarang dalam Islam. Wanita muslim harus menghindari tindakan apapun yang memicu tindakan buruk dan menjaga pergaulan yang baik dengan sesama muslim.

7. Shalat saat Menstruasi

Wanita muslim yang sedang mengalami masa menstruasi tidak diperbolehkan shalat. Menurut hukum syar’i, semua tindakan ibadah harus dihentikan termasuk sholat, puasa, membaca Al Quran, dan lain-lain. Namun, wanita tetap diperintahkan berdzikir dan membaca do’a selama masa-masa menstruasi.

8. Meremehkan Suami

Wanita muslim tidak diperbolehkan meremehkan suami dan menganggap dirinya lebih baik dari suami. Sebab, dalam Islam, suami dan istri harus saling menghormati dan saling memuliakan satu sama lain. Jika terjadi hal ganjil dalam rumah tangga sebaiknya dibicarakan secara baik-baik dan tidak ada seorang pun yang merasa dirinya lebih tinggi dari yang lain.

9. Membawa Barang Haram

Tidak diperbolehkan membawa barang-barang yang dilarang dalam Islam seperti minuman beralkohol, narkotika, dan sejenisnya. Muslimah harus selalu berhati-hati dan menghindari barang-barang yang bertentangan dengan syariat Islam agar terhindar dari dosa.

10. Melakukan Perbuatan Zina

Perbuatan zina merupakan salah satu perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam, terutama bagi wanita muslim, karena dapat merusak kehormatan dan citra dirinya. Oleh karena itu, wanita muslim harus menghindari perbuatan zina dan menjaga diri dari tindakan yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

BACA JUGA:   Makanan Yang Dilarang Saat Haid Menurut Islam

Kesimpulan

Dari beberapa poin di atas dapat disimpulkan bahwa dalam Islam, wanita diberikan aturan dan peraturan yang harus diikuti agar kehormatan dan martabatnya terjaga. Jadi, sebaiknya setiap wanita muslim harus menghormati peraturan tersebut dan menjalani hidupnya sesuai dengan syariat Islam. Dengan begitu, setiap muslimah akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat yang hakiki dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan: