Hukum Memakai Perhiasan Perak

Huda Nuri

Hukum Memakai Perhiasan Perak
Hukum Memakai Perhiasan Perak

Apakah Anda sering memakai perhiasan perak? Apakah Anda tahu bahwa dalam Islam, memakai perhiasan perak memiliki aturan atau hukum tersendiri? Apabila Anda belum mengetahuinya, maka Anda sangat tepat membaca artikel ini.

Kebolehan Memakai Perhiasan Perak dalam Islam

Dalam agama Islam, memakai perhiasan perak diperbolehkan, mengambil dalil dari hadis Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan bahwa beliau mengenakan cincin perak.

Namun perlu diperhatikan bahwa pemakaian perhiasan perak tetap ada batasannya. Memakai perhiasan perak boleh asalkan tidak bersifat mewah dan tidak menyebabkan memperlihatkan kedegilan atau kesombongan.

Batasan Memakai Perhiasan Perak dalam Islam

Menurut para ulama, dalam memakai perhiasan perak, sebagian dilarang dan sebagian lainnya diperbolehkan. Perhiasan yang dilarang dikategorikan sebagai barang mewah, seperti gelang, kalung, anting-anting, atau cincin yang terbuat dari bahan seperti emas atau permata berharga. Sedangkan perhiasan perak yang diperbolehkan, di antaranya adalah seperti cincin perak yang tidak bernilai atau harganya sedikit, gelang perak, kalung perak dengan ukuran yang sedang, atau anting-anting perak yang ukurannya kecil.

Adapun hukum memakai perhiasan perak sebagai berikut:

  1. Memakai perhiasan perak yang bernilai rendah atau sedang, diperbolehkan.
  2. Memakai perhiasan perak yang bernilai tinggi (mewah), tidak diperbolehkan.
  3. Memakai perhiasan perak yang membuat seseorang sombong dan dikagumi orang lain, tidak diperbolehkan.

Bagaimana Memakai Perhiasan Perak dengan Sopan?

Selain memperhatikan batasan dalam memakai perhiasan perak, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara memakainya dengan sopan. Berikut adalah beberapa tips untuk memakai perhiasan perak yang baik dan sopan:

  1. Memakai perhiasan perak yang sesuai dengan acara atau kegiatan yang dihadiri.
  2. Tidak memakai perhiasan perak terlalu banyak karena dapat mengganggu aktivitas.
  3. Memperhatikan ukuran dan model perhiasan perak yang cocok dengan bentuk tubuh.
  4. Hindari memaksa untuk memakai perhiasan perak yang tidak nyaman.
  5. Selalu memperhatikan kebersihan dan perawatan perhiasan perak.
BACA JUGA:   Cara Mengisi Web PT Ani

Kesimpulan

Dalam Islam, memakai perhiasan perak diperbolehkan selama tidak bersifat mewah dan tidak membuat seseorang sombong atau berkedegilan. Perhiasan perak yang dilarang adalah perhiasan yang bernilai tinggi yang terbuat dari emas atau permata berharga. Adapun untuk memakai perhiasan perak dengan sopan, perlu memperhatikan acara atau kegiatan yang dihadiri, ukuran dan model yang sesuai, serta kebersihan dan perawatan perhiasan perak yang dikenakan.

Dengan mematuhi aturan dan menjaga etika dalam memakai perhiasan perak, kita dapat tetap terlihat cantik dan elegan sesuai dengan keinginan, namun tetap menghargai nilai-nilai agama dan persaudaraan.

Also Read

Bagikan: