Hukum Nikah Mut’ah: Apa itu dan Bagaimana Pelaksanaannya di Indonesia?

Huda Nuri

Hukum Nikah Mut’ah: Apa itu dan Bagaimana Pelaksanaannya di Indonesia?
Hukum Nikah Mut’ah: Apa itu dan Bagaimana Pelaksanaannya di Indonesia?

Pernahkah Anda mendengar istilah nikah mut’ah? Apakah Anda tahu apa itu nikah mut’ah dan bagaimana cara pelaksanaannya di Indonesia? Artikel ini akan membahas secara detail tentang hukum nikah mut’ah di Indonesia.

Apa itu Nikah Mut’ah?

Nikah mut’ah merupakan nikah yang dilakukan dengan durasi waktu yang telah disepakati antara kedua belah pihak. Nikah ini memiliki waktu yang terbatas dan tidak permanen seperti nikah pada umumnya.

Hukum Nikah Mut’ah Menurut Islam

Menurut pandangan Islam, hukum nikah mut’ah dianggap haram atau dilarang dilakukan. Hal ini karena nikah mut’ah tidak memiliki kepastian dalam hubungan suami istri. Dalam Islam, hubungan suami istri haruslah didasarkan pada unsur kepastian dan kestabilan.

Bagaimana Pelaksanaannya di Indonesia?

Walaupun dianggap sebagai hal yang dilarang, namun nikah mut’ah masih dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia. Nikah mut’ah biasanya dilakukan oleh mereka yang membutuhkan kebutuhan seksual dengan pasangan secara sementara.

Pelaksanaan nikah mut’ah di Indonesia sebenarnya tidak diatur dan diakui secara resmi oleh pemerintah. Namun, praktik tersebut masih dapat dilakukan oleh pihak-pihak yang sepakat secara pribadi.

Konsekuensi Hukum Nikah Mut’ah di Indonesia

Konsekuensi dari pelaksanaan nikah mut’ah di Indonesia sejatinya tergantung pada masing-masing individu. Namun, dalam konteks hukum, pernikahan yang dilakukan secara mut’ah tidak dapat diakui secara sah di Indonesia.

Selain itu, pelaksanaan nikah mut’ah juga bisa menimbulkan dampak psikologis bagi pasangan. Hal ini karena nikah mut’ah tidak menjamin kepastian dan kestabilan hubungan suami istri.

BACA JUGA:   Asas Pernikahan Dalam Islam

Apa yang Harus Dilakukan?

Sebagai umat Islam, kita harus menghindari praktik nikah mut’ah karena hukumnya yang dilarang. Sebagai gantinya, kita sebaiknya memilih untuk melakukan pernikahan yang sah dan memenuhi unsur kepastian serta kestabilan dalam hubungan suami istri.

Kesimpulan

Hukum nikah mut’ah di Indonesia merupakan hal yang dilarang oleh Islam dan tidak diakui secara resmi oleh pemerintah. Selain itu, praktik nikah mut’ah juga memiliki dampak yang tidak baik terhadap pasangan. Sebagai umat Islam, kita sebaiknya menghindari praktik ini dan memilih untuk melakukan pernikahan yang sah serta meningkatkan kualitas hubungan suami istri.

Also Read

Bagikan: