Inilah Akibat Mengerikan Jika Kita Terjerat Riba: Do’a Tak Didengar, Perangai Rakus dan Hukuman di Akhirat

Huda Nuri

Inilah Akibat Mengerikan Jika Kita Terjerat Riba: Do’a Tak Didengar, Perangai Rakus dan Hukuman di Akhirat
Inilah Akibat Mengerikan Jika Kita Terjerat Riba: Do’a Tak Didengar, Perangai Rakus dan Hukuman di Akhirat

Apa yang Terjadi Jika Kita Riba?

Pengertian Riba

Sebagai umat Muslim, kita pasti sudah tidak asing dengan istilah riba. Riba menurut bahasa berarti pertambahan atau penambahan. Sedangkan menurut istilah syariah, riba adalah keuntungan atau tambahan yang didapatkan oleh pihak yang memberikan pinjaman, dengan cara menambahkan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pihak yang meminjam. Pembahasan mengenai riba dijelaskan secara terperinci dalam Al-Quran maupun hadis.

Dampak Riba dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengambil riba adalah sebuah tindakan yang sangat dilarang dalam Islam. Tidak hanya merusak akhlak seseorang, pengambilan riba juga memiliki dampak yang buruk pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan akibat riba.

1. Tidak Didengar dan Tidak Dikabulkan Doa

Pengambilan riba dapat membuat doa seseorang tidak didengar dan tidak dikabulkan oleh Allah. Hal ini karena pengambilan riba termasuk dalam kategori dosa besar yang dapat menjauhkan kita dari ridha Allah.

2. Malas Beribadah dan Berbuat Baik

Dampak buruk riba selanjutnya adalah seseorang akan menjadi malas beribadah dan berbuat baik. Hal ini disebabkan karena pengambilan riba membuat seseorang sangat terpaku terhadap harta dan kekayaan semata.

3. Perangai yang Rakus dan Ingin Menang Sendiri

Pengambilan riba juga dapat membuat seseorang menjadi perangai yang rakus dan ingin menang sendiri. Kondisi ini membuat seseorang selalu memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain di sekelilingnya.

4. Jauh dari Rahmat dan Keberkahan Allah

Mengambil riba dapat menjauhkan seseorang dari rahmat dan keberkahan Allah. Hal ini disebabkan karena riba tidak sesuai dengan ajaran agama yang menjunjung tinggi nilai keadilan dan kebenaran.

BACA JUGA:   5 Cara Efektif untuk Menghindari Riba dan Memperkaya Ilmu tentang Bahayanya

5. Disiksa di Neraka untuk Selama-lamanya

Dalam ajaran Islam, di akhirat seseorang akan mempertanggungjawabkan segala perbuatan yang sudah dilakukannya di dunia. Mengambil riba termasuk dalam perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Dalam Al-Quran, disebutkan bahwa orang yang mengambil riba akan disiksa di neraka untuk selama-lamanya.

Kesimpulan

Dari paparan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa mengambil riba adalah sebuah tindakan yang sangat buruk dalam Islam. Tidak hanya merusak akhlak seseorang, pengambilan riba juga memiliki dampak yang buruk dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membuat seseorang jauh dari kebahagiaan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus menghindari segala bentuk pengambilan riba. Dan sebagai gantinya, kita harus lebih banyak dalam berinvestasi atau berusaha dengan cara yang halal dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan:

Tags