Jadi Manfaat Zakat Penghasilan

Huda Nuri

Zakat merupakan salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim dengan tujuan membantu mereka yang membutuhkan. Salah satu jenis zakat yang sering dilakukan oleh umat Muslim adalah zakat penghasilan.

Zakat penghasilan merupakan zakat yang wajib dikeluarkan bagi orang yang memiliki penghasilan melebihi nisab yang telah ditentukan. Nisab dalam zakat penghasilan adalah 85 gram emas atau setara dengan harga emas pada saat ini.

Namun, apa saja sebenarnya manfaat dari melakukan zakat penghasilan? Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh ketika melakukan zakat penghasilan:

1. Meraih Pahala dan Berkah dari Allah SWT

Melakukan zakat merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat mengantarkan kita kepada pahala dan berkah dari Allah SWT. Dalam Quran, Allah SWT memerintahkan umat Muslim untuk melakukan zakat sebagai satu bentuk kewajiban. Dengan melakukan zakat penghasilan, kita dapat meraih pahala dan berkah dari Allah SWT.

2. Menjaga Keberkahan dalam Penghasilan

Melakukan zakat penghasilan juga dapat membantu kita untuk menjaga keberkahan dalam penghasilan yang kita peroleh. Dalam kehidupan modern yang serba konsumtif, kita seringkali terjebak dalam pola hidup yang boros dan tidak bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Dengan melakukan zakat penghasilan, kita dapat membantu untuk mengatur keuangan dan menjaga keberkahan dalam penghasilan kita.

3. Memperbaiki Kualitas Hidup Saudara-Saudara Kita yang Membutuhkan

Salah satu manfaat dari melakukan zakat penghasilan adalah dapat membantu memperbaiki kualitas hidup saudara-saudara kita yang membutuhkan. Zakat penghasilan yang kita keluarkan akan digunakan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti orang miskin, yatim piatu, janda, dan lain sebagainya. Dengan melakukan zakat penghasilan, kita dapat turut serta membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan.

BACA JUGA:   Zakat yang Bertujuan untuk Membersihkan Harta adalah Zakat

4. Menjaga dan Membangun Solidaritas Sosial

Melakukan zakat penghasilan juga dapat membantu kita untuk menjaga dan membangun solidaritas sosial di dalam masyarakat. Dalam Islam, zakat bukan hanya sekadar membantu orang yang membutuhkan, namun juga merupakan bagian dari sistem sosial yang mengajarkan kita untuk saling membantu dan tolong-menolong. Dengan melakukan zakat penghasilan, kita ikut berpartisipasi dalam menjaga dan membangun solidaritas sosial di dalam masyarakat.

5. Mengurangi Ketimpangan Sosial

Selain itu, melakukan zakat penghasilan juga dapat membantu untuk mengurangi ketimpangan sosial di dalam masyarakat. Dalam masyarakat yang heterogen seperti Indonesia, ketimpangan sosial seringkali menjadi salah satu permasalahan yang kompleks. Dengan melakukan zakat penghasilan, kita dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa melakukan zakat penghasilan memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Mulai dari meraih pahala dan berkah dari Allah SWT, menjaga keberkahan dalam penghasilan, memperbaiki kualitas hidup saudara-saudara kita yang membutuhkan, menjaga dan membangun solidaritas sosial, hingga mengurangi ketimpangan sosial. Mari kita jadikan zakat sebagai bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita sebagai umat Muslim.

Also Read

Bagikan: