Khalwat, Dosa Zina Dalam Chatting dan Video Call, Apa Saja Nama Lainnya?

Huda Nuri

Khalwat, Dosa Zina Dalam Chatting dan Video Call, Apa Saja Nama Lainnya?
Khalwat, Dosa Zina Dalam Chatting dan Video Call, Apa Saja Nama Lainnya?

Apa Itu Zina Chatting Dan Perilaku Khalwat Dalam Chatting?

Pengertian Zina

Sebelum membahas lebih jauh mengenai zina chatting dan perilaku khalwat dalam chatting, kita harus memahami apa itu zina terlebih dahulu. Zina merupakan perbuatan melanggar norma agama dan sosial yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri dengan melakukan hubungan intim.

Zina termasuk dosa besar yang sangat dilarang dalam agama Islam dan sanksinya sangat berat di dunia dan akhirat. Namun, banyak orang yang saat ini mulai melanggar aturan ini dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi. Salah satu bentuk pelanggaran ini adalah zina chatting.

Zina Chatting

Zina chatting adalah suatu bentuk perbuatan zina yang dilakukan melalui media chatting online. Biasanya, zina chatting dilakukan melalui media sosial atau applikasi chat seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, atau Telegram.

Dalam zina chatting, orang yang bukan suami istri melakukan obrolan yang tidak senonoh dan tidak sesuai dengan norma agama maupun sosial. Bahkan, terkadang mereka juga melakukan panggilan video dan saling mengirim foto atau video yang tidak pantas.

Dalam melakukan zina chatting, banyak orang yang merasa aman karena merasa tidak terlihat langsung. Namun, jika ada pihak yang mengetahui hal ini, maka sanksinya tetap sama dengan zina secara langsung.

Perilaku Khalwat Dalam Chatting

Khalwat merupakan perilaku berduaan dengan pasangan yang bukan muhrim secara tersembunyi. Walaupun tidak terjadi hubungan suami istri, namun perilaku khalwat juga sangat dilarang dan bisa memicu terjadinya perbuatan tidak senonoh.

BACA JUGA:   Membedah Jenis-Jenis Zina: Apa itu Zina Al-Laman, Zina Muhsan, dan Zina Ghairu Muhsan?

Dalam chatting, perilaku khalwat bisa terjadi ketika laki-laki dan perempuan saling berbicara secara tersembunyi dan tidak ada orang lain yang mengetahui isi percakapan mereka. Hal ini bisa terjadi karena media chatting online seperti WhatsApp atau Line memungkinkan kita untuk berbicara dengan orang lain secara tertutup.

Perilaku khalwat dalam chatting juga bisa memicu terjadinya zina chatting karena percakapan yang semakin intens dan meresahkan. Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati dalam melakukan chatting dengan orang yang bukan muhrim.

Bagaimana Menghindari Zina Chatting dan Perilaku Khalwat?

Agar terhindar dari perbuatan zina chatting dan perilaku khalwat, kita harus selalu mengingatkan diri kita sendiri tentang aturan agama dan sosial yang sudah ditetapkan. Selalu ingat bahwa Allah SWT melihat segala perbuatan kita termasuk perbuatan yang kita lakukan melalui media chatting.

Berikut beberapa cara untuk menghindari zina chatting dan perilaku khalwat:

– Jangan pernah berbicara dengan orang yang bukan muhrim secara tersembunyi melalui media chatting online.
– Jangan pernah mengizinkan orang yang bukan muhrim untuk mengirim foto atau video yang tidak pantas.
– Jangan mudah percaya dan jangan memberikan informasi sensitif atau pribadi pada orang yang baru saja kita kenal melalui media chatting online.
– Selalu berdoa dan selalu mengingatkan diri sendiri tentang tujuan hidup kita di dunia ini agar tidak terjerumus dalam perbuatan yang dilarang agama.

Kesimpulan

Zina chatting dan perilaku khalwat dalam chatting merupakan bentuk pelanggaran yang sangat dilarang dalam agama Islam dan sanksinya sangat berat di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kita harus selalu ingat aturan agama dan sosial yang sudah ditetapkan agar terhindar dari perbuatan zina chatting dan perilaku khalwat. Selalu berdoa dan selalu mengingatkan diri sendiri tentang tujuan hidup kita di dunia ini agar selalu di bawah lindungan Allah SWT.

Also Read

Bagikan:

Tags