Larangan Bergolongan dalam Islam

Huda Nuri

Larangan Bergolongan dalam Islam
Larangan Bergolongan dalam Islam

Pada dasarnya, agama Islam memiliki prinsip dan ajaran yang sangat jelas dan tegas dalam hal menjaga persatuan dan kesatuan, serta menolak segala bentuk perpecahan dan pertikaian yang dapat merusak dan memecah-belah umat Islam. Oleh karena itu, bergolongan dalam Islam merupakan suatu hal yang sangat dihindari.

Berbicara tentang larangan bergolongan dalam Islam, terdapat beberapa alasan mengapa hal ini sangat ditekankan. Pertama, Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, mengajarkan untuk selalu berbuat baik dan memperlakukan sesama umat manusia dengan adil dan bijaksana. Hal ini tentu tidak akan tercapai jika terjadi perpecahan atau pertikaian di antara umat Islam.

Kedua, perpecahan atau pertikaian di antara umat Islam dapat menimbulkan kerusakan moral dan sosial yang sangat besar. Dalam konteks ini, Islam juga mengajarkan untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan dalam pergaulan antarmanusia. Oleh karena itu, larangan bergolongan dalam Islam sangat penting untuk dijaga.

Ketiga, bergolongan dalam Islam dapat memicu timbulnya sekte-sekte atau mazhab-mazhab yang berbeda-beda, sehingga dapat membingungkan umat Islam dalam menjalankan ajaran agamanya. Islam sebagai satu-satunya agama yang sempurna dan universal tidak mengakui adanya perbedaan pendapat dalam hal ajaran yang bersumber dari Al-Quran dan Hadits.

Dalam konteks ini, penting untuk mengingatkan bahwa larangan bergolongan dalam Islam bukanlah suatu bentuk intoleransi atau penolakan terhadap perbedaan pendapat. Namun, larangan tersebut diatur agar tidak terjadi perpecahan di antara umat Islam.

Dalam memahami larangan bergolongan dalam Islam, perlu diingat juga bahwa Islam sangat menghargai kebebasan berpendapat yang sehat, namun tetap dalam batas-batas yang ditentukan oleh agama. Oleh karena itu, perbedaan pendapat dalam Islam harus diakomodasi dengan cara yang bijaksana dan logis, sehingga tidak terjadi gesekan atau pertikaian yang merugikan seluruh umat Islam.

BACA JUGA:   Larangan Ketika Haid dalam Islam

Penting untuk diingat, bahwa Islam merupakan agama yang mengajarkan toleransi, persatuan, dan kebersamaan. Dalam konteks ini, segala bentuk perpecahan dan pertikaian harus dihindari, baik di antara umat Islam maupun dengan pihak lain.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam yang baik dan taat, perlu berusaha untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, serta menghindari segala bentuk bergolongan yang dapat merusak kebersamaan. Dalam hal ini, kita harus senantiasa mengingatkan dan mempererat ukhuwah Islamiyah yang akan membawa berkah dan kemajuan bagi kita seluruhnya.

Also Read

Bagikan: