Larangan Bertato dalam Islam

Huda Nuri

Larangan Bertato dalam Islam
Larangan Bertato dalam Islam

Inilah pembahasan yang akan kita bahas kali ini, yaitu larangan bertato dalam Islam. Sebagai seorang Muslim, ada banyak hal yang perlu kita pahami dan kita lakukan untuk menjalankan ibadah sehari-hari. Salah satu hal yang sering menjadi perdebatan adalah tentang hukum bertato dalam Islam.

Apakah Bertato Dalam Islam Diperbolehkan?

Bertato di dalam Islam sangat dilarang. Keberadaan hukum tersebut dapat ditemukan dalam beberapa sumber, termasuk hadis dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam salah satu hadis, Nabi Muhammad bersabda:

"Barang siapa yang membuat tatto dan membuat tatto pada dirinya sendiri maka ia telah mendustakan (menyembunyikan) ciptaan Allah di atas dirinya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan kata lain, bertato dilarang dalam Islam karena Allah SWT telah menciptakan manusia dengan sempurna, dan kita dilarang untuk merubah ciptaan-Nya dengan membuat tatto di tubuh kita.

Alasan Mengapa Bertato Dilarang

Selain karena hadis dan sunnah yang melarang, ada beberapa alasan mengapa bertato dilarang dalam Islam. Pertama, bertato bisa memperburuk kesehatan tubuh kita. Cara membuat tatto yang tidak higienis bisa menyebabkan infeksi, bahkan penyakit yang lebih serius seperti HIV dan hepatitis.

Kedua, bertato juga bisa mengganggu ibadah kita. Sebagai seorang Muslim, kita harus menjalankan ibadah dengan suci dan bersih. Bertato bisa mengganggu kesucian dalam ibadah, menghalangi kita untuk menjalankan sholat, dan bisa memengaruhi hubungan kita dengan Allah SWT.

Bagaimana Jika Seseorang Sudah Bertato Sebelum Menganut Islam

Bagi seseorang yang sudah bertato sebelum menganut Islam, ia tidak bisa dihukumi karena tidak mengetahui aturan Islam. Akan tetapi, ia harus menghindari membuat tatto lebih lanjut sejak memeluk Islam, karena dengan melakukan itu akan melakukan tindakan yang melanggar hukum Islam.

BACA JUGA:   Kata Kata Larangan Pacaran dalam Islam

Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Bertato?

Jika seseorang sudah bertato sebelum menganut Islam, pertama-tama ia harus bertobat dan menyesali perbuatannya. Kemudian, ia harus memutuskan untuk tidak membuat tatto lagi di masa depan.

Selain itu, seseorang yang sudah bertato juga dapat menghilangkan tatto tersebut. Ada beberapa cara untuk melakukannya, seperti operasi pengangkatan tatto, perawatan laser dan lain-lain. Namun, sebaiknya jangan melakukan pengangkatan tatto secara paksa atau tidak profesional yang bisa berakibat fatal.

Kesimpulan

Bertato dalam Islam sangat dilarang karena berbagai alasan seperti kesehatan dan kebersihan serta mengikuti ajaran dari Nabi Muhammad. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus menghindari bertato dan juga harus menghindari hal-hal yang dapat mengganggu ibadah kita. Bagi yang sudah bertato, sebaiknya bertobat dan memutuskan untuk tidak membuat tatto lagi di masa depan. Mohon perhatikan dengan baik, dan jangan sampai kita melanggar aturan yang ada dalam beragama.

Also Read

Bagikan: