Larangan Keramas Saat Haid Menurut Islam

Huda Nuri

Larangan Keramas Saat Haid Menurut Islam
Larangan Keramas Saat Haid Menurut Islam

Sebagai seorang muslimah, kita harus memperhatikan banyak hal dalam melakukan ibadah sehari-hari. Salah satunya yaitu saat sedang haid. Menurut islam, ada beberapa kegiatan yang harus dihindari ketika sedang mengalami haid. Salah satunya yaitu larangan keramas saat haid.

Kenapa Larangan Keramas Saat Haid?

Larangan keramas saat haid menurut islam didasarkan pada hadits yang dikeluarkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Di dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ketika seorang wanita sedang mengalami haid, maka dia tidak diperkenankan untuk melakukan beberapa kegiatan, salah satunya yaitu keramas.

Kenapa seorang wanita sedang haid tidak diperkenankan untuk keramas? Alasan utamanya yaitu karena saat haid, rahim sedang dalam keadaan terbuka untuk membersihkan diri dari darah kotor. Jika seorang wanita melakukan keramas, maka air yang digunakan untuk keramas bisa memasuki rahim dan menyebabkan komplikasi kesehatan.

Kegiatan Lain yang Harus Di Hindari Saat Haid

Selain larangan keramas saat haid, ada beberapa kegiatan lain yang harus dihindari ketika sedang mengalami haid. Kegiatan ini disebut sebagai ‘istihadhah’ dan ada beberapa aturan yang harus diikuti saat sedang mengalaminya. Beberapa kegiatan yang harus dihindari yaitu:

  1. Shalat fardhu
  2. Puasa Ramadhan
  3. Membaca Alquran
  4. Berhubungan intim

Namun, meskipun ada beberapa kegiatan yang harus dihindari, seorang muslimah tetap diperbolehkan untuk melakukan kegiatan lain seperti berzikir, membaca buku-buku agama, atau melakukan kegiatan lain yang tidak membutuhkan syarat tertentu.

Tips Agar Tetap Merawat Rambut saat Haid

Meskipun dilarang untuk keramas, seorang muslimah tetap harus merawat rambutnya saat sedang haid. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk merawat rambut saat haid:

  1. Gunakan kain bersih untuk menutup kepala saat mandi atau berwudhu.
  2. Gunakan shampo kering atau dry shampoo untuk membersihkan rambut.
  3. Gunakan minyak rambut untuk menjaga kelembaban rambut.
  4. Hindari penggunaan alat rambut seperti hair dryer atau catokan rambut.
BACA JUGA:   Daftar Nama yang Dilarang dalam Islam tapi Serig Digunakan

Kesimpulan

Larangan keramas saat haid menurut islam adalah aturan yang harus diikuti oleh seorang muslimah. Selain keramas, ada beberapa kegiatan lain yang harus dihindari ketika sedang mengalami haid. Meskipun dilarang untuk keramas, seorang muslimah tetap harus merawat rambutnya menggunakan beberapa tips yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh islam, seorang muslimah bisa menjaga kesehatannya dan juga mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan: