Makanan Yang Dilarang Saat Haid Menurut Islam

Huda Nuri

Makanan Yang Dilarang Saat Haid Menurut Islam
Makanan Yang Dilarang Saat Haid Menurut Islam

Haid merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita. Pada masa haid, wanita dilarang melakukan beberapa hal, termasuk di antaranya adalah makanan yang dilarang saat haid menurut Islam. Menurut Islam, haid merupakan masa di mana wanita tidak dalam keadaan suci. Sehingga, saat masa ini, wanita harus menjaga kebersihan dan tidak melakukan beberapa hal yang dilarang, termasuk dalam pemilihan makanan.

Makanan Yang Dilarang Saat Haid Menurut Islam

Ada beberapa jenis makanan yang dilarang saat haid menurut Islam. Berikut ini adalah daftarnya:

1. Makanan Berminyak

Makanan yang mengandung tinggi lemak seperti gorengan, keripik, kentang goreng, dan sejenisnya, sebaiknya dihindari. Makanan berminyak rawan menimbulkan masalah perut dan pencernaan, terutama pada masa haid.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas juga harus dihindari saat masa haid. Makanan pedas dapat mengganggu perut dan menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi pada saat haid.

3. Makanan Kaleng

Makanan kaleng saat haid juga sebaiknya dihindari. Terlebih jika mengandung bahan pengawet. Jika ingin mengonsumsi makanan kaleng, pastikan untuk memilih yang segar dan tidak mengandung bahan pengawet.

4. Makanan Yang Terlalu Manis

Makanan yang terlalu manis sebaiknya tidak dikonsumsi saat masa haid. Karena mengandung gula yang tinggi dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh dan memperburuk gejala haid.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda sebaiknya dihindari saat haid. Karena minuman bersoda dapat mempengaruhi perut dan sistem pencernaan, terutama pada saat haid.

BACA JUGA:   Bulan Dilarang Menikah dalam Islam: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Makanan Yang Dianjurkan Saat Haid Menurut Islam

Sedangkan, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat haid. Makanan-makanan tersebut adalah:

1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah banyak pada saat haid. Karena dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat haid.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Terutama pada masa haid, konsumsi sayuran hijau sangat baik untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan dan menjaga keseimbangan nutrisi.

3. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak sebaiknya dikonsumsi pada masa haid. Karena daging tanpa lemak mengandung tinggi protein yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak sakit-sakit pada masa haid.

4. Telur

Telur juga merupakan salah satu sumber protein yang cukup baik bagi tubuh. Saat masa haid, tubuh memerlukan banyak asupan protein agar dapat mengembalikan kekuatan tubuh dan mengurangi rasa sakit saat haid.

5. Air Putih

Air putih sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Karena akan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada saat haid.

Kesimpulan

Makanan yang dilarang saat haid menurut Islam cukup banyak. Namun, demikian, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa haid, seperti buah-buahan segar, sayuran hijau, daging tanpa lemak, telur, dan air putih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi wanita yang ingin menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh pada masa haid.

Also Read

Bagikan: